5 Fakta Unik Gedung Sate Bandung

gedung sate, wisata bandung, tour bandung

Anda tahu Gedung Sate ? ..Semua orang sudah pasti tahu gedung ini. Gedung ini adalah icon kota Bandung dan Jawa Barat. Wisatawan yang datang ke Bandung pasti singgah dan berfoto di Gedung Sate. Karena jika tidak berfoto di Gedung Sate, berarti anda belum ke Bandung.

Salah satu spot di Bandung yang wajib dikunjungi ini berada di Jalan Diponegoro. Kawasan strategis di Bandung, lokasi persis ada di jantung kota Bandung. Ada beberapa hal yang menjadi fakta unik di gedung sate. Kami yakin anda belum tahu apa fakta unik yang ada di gedung sate Bandung ini.

Berikut 5 fakta unik Gedung Sate Bandung

1. Ada Lorong Rahasia.

Kalau anda lihat Gedung Sate dari sisi luar maka gedung sate ini terlihat sangat megah dan indah. Ornamen Gedung ini khas kolonial Belanda. Siapapun yang melihat gedung ini pasti ingin masuk dan berkeliling didalamnya. Banyak yang tidak tahu bahwa di dalam gedung sate terdapat lorong rahasia yang bisa tembus ke kantor dinas gubernur. Tapi kenapa dirahasiakan ya ?!, Cerita rahasianya, lorong ini sudah lama ditutup, karena ada seorang tawanan belanda yangmati dilorong tersebut. Dan pegelola gedung sate tidak ada yang mau menginformasikan mengenai hal tersebut dengan jelas.

2. Tugu Serangan Gurhaka 

” Dalam mempertahankan Gedung Sate terhadap serangan pasukan Gurhaka tanggal 3 Desember 1945, tujuh pemuda gugur dan dikubur pihak musuh di halaman.” Itu adalah kalimat yang tertulis di sebuah tugu di Gedung Sate. Letak tugu nya ada dihalaman depan gedung sate. Empat pemuda yang disebutkan dalam kalimat tersebut adalahSusilo, Surjono, Subengat dan Rana. Para pemuda ini dianggap dikubur di tugu tersebut karena tidak ditemukan.

>> Info Wisata : Promo Paket Tour ke Bandung 

3. Ornamen Jambu 

Jika anda perhatikan di bagian atap Gedung Sate, terdapat ornamen berbentuk buah jambu. tepat nya buah jambu air. Ada enam buar ornamen. Banyak orang yang mengartikan ornamen buah ini mengisyaratkan wilayah bandung ini merupakan wilayah yang subur.Sementara jumlah nya ada 6, ini menandakan biaya pembangunan gedung sate yang mencapai 6 juta golden.

4. Tahan Gempa 

Seorang arsitek asal belanda yaitu Ir. J. Gerder, telah membangun sebuah gedung yang megah dan mewah di Bandung. Yaitu Gedung Sate, gedung ini kokoh berdiri hingga saat ini. Gedung ini bergaya arsitek Indo-Eropa. Gedung ini tahan gempa, karena struktur bangunan ini yang banyak persendian. Gedung ini bisa tahan gempa hingga 9 SR.

5. Nama Sate.

Anda tahu kenapa gedung ini dinamai gedung sate ? ..Tentunya bukan karena banyak yang jualan sate di area gedung. Tetapi masyarakat menyebut gedung ini dengan nama Gedung Sate, karena bagian atas gedung ini terdapat ornamen yang mirip seperti tusukan sate. Selain dari itu supaya lebih mudah disebutkan dan mudah diingat. Nama asli gedung ini adalah Gouvernements Bedrijven, hehe..sulit diucapkan nya ya..

Baca Juga : Tempat Wisata Sejuk dan Asri, Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Nah, jika anda ingin mengunjungi Gedung Sate, anda bisa menghubungi travel agent terbaik di Bandung. Nama Travel agent nya adalah Java Wisata. Java Wisata menyediakan banyak pilihan paket wisata, dari mulai paket wisata alam, paket gathering bandung, paket outbound Bandung.

Jika anda ingin berkeliling di kota Bandung untuk mengunjungi spot-spot bersejarah di Bandung, seperti Gedung Sate, Gedung Merdeka, Balai Kota, Braga atau yg lainnya anda bisa mengambil paket wisata sejarah dan budaya.

Fasilitas paket wisata bisa anda sesuaikan dengan budget yang anda miliki, misalnya hanya hotel dan transportnya saja. Atau rental mobil di Bandung nya saja atau hotel nya saja juga bisa. Atau juga anda bisa mengambil paket All in, anda tinggal duduk manis saja, anda langsung mengikuti program wisata. Semua keperluan sudah di fasilitasi oleh Java Wisata. Call Center nya di nomor 082128575785 atau fixed line 0222785154

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call : 0222785154
Chat Whatsapp