Pulau Bangka, sebuah wilayah penghasil timah dan lada putih ini mempunyai sejumlah pantai yang memikat, di antaranya Parai Tenggiri dan Tanjung Pesona.

Wisata Pulau Bangka memang familiar akan panorama lautnya yang menawan. Perjalanan wisata Pulau Bangka akan membawa Anda pada empiris wisata pantai yang spesial.

Perjalanan wisata ke Pulau Bangka ini akan sangat tepat dikunjungi di kala musim sedang ombak laut yang relatif tenang. Maka, waktu terbaik berwisata ini ialah pada kisaran bulan April sampai September.

Kegiatan wisata pantai di Pulau Bangka dalam situasi cuaca terang membuat Anda ingin berlama-lama menikmati sekian banyak macam daya tarik khas serta keindahan pantai yang terdapat di sana.

Pantai di Pulau Bangka
Berikut ini ialah beberapa pantai yang bisa memikat Anda dalam perjalanan wisata Pulau Bangka di Prov. Kep. Bangka Belitung.

1. Pantai Parai Tenggiri

Pantai ini terletak di Kec. Sungailiat, berjarak sejauh 40 km dari kota Pangkalpinang. Pantai Parai Tenggiri ialah pantai yang populer di Pulau Bangka. Dengan kontur yang landai dan ombak yang tenang, Anda bisa melakukan beragam kegiatan wisata di Pantai Parai Tenggiri. Berenang, bermain di bibir pantai, sampai olahraga air bisa Anda lakukan di pantai ini. Keberadaan batu-batu granit yang besar di area pantai memanjakan Anda suatu panorama alam yang begitu indah, sesuatu yang menjadi khas dari Pantai Parai Tenggiri.

Jika Anda hendak memancing di tengah laut, pergilah ke penyewaan perahu pancing yang dilengkapi dengan seluruh peralatannya. Anda bakal mendapatkan empiris memancing yang seru di sana. Jika hendak mencoba permainan air, maka terdapat banana boat sampai parasailing yang bisa Anda ambil.

Alamat Pantai Parai Tenggiri: Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung
Koordinat GPS: -1.806153,106.12522

2. Pantai Matras

Pantai Matras mempunyai kontur yang landai, serupa dengan Pantai Parai Tenggiri. Pantai di Pulau Bangka ini memiliki kelebihan panorama pantai yang kuat. Pantai yang terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat yang berjarak kurang lebih 40 km dari ibukota Provinsi Babel, Pangkalpinang. Atau, berjarak sejauh 7 km dari Kota Sungailiat.

Pantai Matras mempunyai hamparan pasir yang halus dengan lambaian nyiur pantai yang mempesona. Keberadaan aliran sungai di area pantai ini meningkatkan daya tariknya yang menawan. Menikmati panorama di Pantai Matras sungguh menyenangkan, kita dapat mencarter bungalow sederhana yang nyaman untuk berwisata disana.

3. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona ialah salah satu lokasi wisata favorit untuk masyarakat Pulau Bangka. Hanya memerlukan waktu selama 15 menit untuk mengunjungi pantai ini dari kota Sungailiat, atau 45 menit dari kota Pangkalpinang. Pantai yang terletak di Desa Rambak, Sungailiat ini memiliki beragam wahana permainan yang memikat. Ini akan sangat mengasyikkan untuk anak-anak.

Di samping itu, sekian banyak permaianan dan olahraga air pun turut menambah pesona tempat wisata di Pulau Bangka ini. Anda bisa bermain kano, banana boat, jetski, berenang, bermain pasir, sampai memancing.

Cukup dengan mencarter speedboat dan perlengkapan memancing yang sudah disediakan, Anda bermukim melaju ke tengah laut untuk memenuhi liburan kita dengan memancing.

Alamat Pantai Tanjung Pesona: Jl. Pantai Rebo, Sungailiat, Bangka Belitung
Koordinat GPS: -1.874900,106.171596

4. Pantai Tikus

Pantai Tikus ialah sebuah pantai di Pulau Bangka yang masih termasuk alami, lumayan terjaga dari gangguan tangan-tangan manusia. Panorama estetis pantai ini terwujud melewati bukit terjal dengan hamparan bebatuan granit dan air laut yang kebiruan.

Di puncak bukit, kita akan melihat adanya suatu kuil peribadatan yang berdiri lumayan megah dengan pemandangan yang begitu indah.

Kuil atau kelenteng ini berbentuk bulat, menjadi sebuah karakteristik yang terdapat di Pantai Tikus.

Alamat Pantai Tikus: Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung
Koordinat GPS: -1.9010016,106.184676

5. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi berjarak kurang lebih 7 km dari kota Pangkalpinang. Pantai ini berjarak sangat dekar dari bandara udara Pangkalpinang. Tempat wisata Pulau Bangka yang satu ini sangat terkenal di Bangka. Tak ayal, Anda bakal mendapati banyaknya penduduk Bangka yang mengunjungi area wisata Pantai Pasir Padi.

Pantai Pasir Padi mempunyai pasir yang serupa bulir-bulir padi, itulah sebabnya disebut sebagai pasir padi. Untuk bisa masuk ke area wisata Pantai Pasir Padi ini, Anda akan dikenakan tiket masuk pantai Pasir Padi sebesar Rp 10 ribu per orang.

Di area Pantai Pasir Padi, tersedia beragam fasilitas publik yang begitu lengkap. Hotel berbintang, restoran, sampai warung santap banyak tersedia di sana.

Alamat Pantai Pasir Padi: Kec. Bukit Intan, Pangkalpinang, Bangka Belitung
Koordinat GPS: -2.118669,106.173656