Thailand punya banyak tempat wisata menarik. Namun sayangnya hanya Bangkok dan Phuket yang paling populer. Padahal, kota lainnya tak kalah menawan. Apa saja? Cari tahu di sini.

Pertama kali akan menginjakkan kaki di Thailand, sebagian besar orang akan memilih Bangkok atau Phuket sebagai tujuan utamanya. Akan tetapi, jika Anda berencana berlibur kembali ke negeri Gajah Putih ini, Anda bisa memilih destinasi lainnya, karena Thailand memiliki begitu banyak tempat wisata menarik lain yang Anda dapat kunjungi selain Bangkok ataupun Phuket.

krabi, thailand, tour thailand, wisata thailand

Foto: Nicolas Vollmer.

1. Krabi

Krabi terletak di pantai barat Thailand Selatan yang terdiri atas 80 pulau kecil seperti Koh Lanta dan Phi Phi Island. Walaupun belum terkenal seperti Bangkok maupun Phuket, Krabi memiliki banyak kegiatan wisata menarik yang tak kalah seru.

Anda bisa menikmati pemandangan indah, bermain air terjun, masuk ke gua-gua di Kao Phanom Bencha, melihat pulau karang berpohon di Ko Lanta National Park, dan menyelam di Phi Phi Island. Jika Anda suka mendaki, Anda wajib mengikuti Festival Memanjat Tebing yang diadakan setiap tahunnya di Railay Beach Ao Nang. Festival ini menjadi daya tarik bagi para pendaki seluruh dunia. Namun jika Anda belum pernah mendaki sebelumnya, tempat ini juga menyediakan sekolah panjat terbing untuk pemula.

Klik : Paket Wisata Malaysia Murah

festival chiangmai thailand, tour thailand, wisata thailand

Foto: John Shedrick.

2. Chiang Mai

Chiangmai, kota terbesar di utara Thailand, memiliki banyak sekali perayaan dan festival yang hadir hampir sepanjang tahun. Jadi jika Anda adalah penggemar acara kebudayaan, Chiangmai wajib masuk dalam daftar kunjung Anda.

Dari beragam festival, salah satunya adalah Festival Bunga yang diadakan selama 3 hari di setiap awal bulan Februari. Festival ini menandai iklim yang mendukung berseminya bunga-bunga tropis. Puncak acara festival ini biasanya diramaikan dengan pawai mobil yang dihiasi bunga dengan aneka warna.

Selain itu, ada pula Songkran yang merupakan perayaan tahun baru tradisional Thailand. Anda dapat menyaksikan berbagai kegiatan religi, parade keliling kota, serta pemilihan Putri Songkran pada pertengahan bulan April setiap tahunnya.

Sementara pada malam bulan purnama di bulan November, Anda bisa menyaksikan perayaan keagamaan bernama Loi Kratong. Di festival ini, penganut agama Buddha Siam di Thailand menunjukkan rasa terima kasih kepada Dewi Air dengan membuat kapal kecil berbentuk bulat yang dilipat dari daun pisang, lalu dihiasi dengan bunga, daun-daun, dan lilin yang kemudian dihanyutkan ke laut. Mereka percaya bahwa pelepasan kapal-kapal itu mampu menghanyutkan dosa, nasib malang, dan penderitaan.

Klik : Paket Wisata Malaysia

kanchanaburi bridge thailand, tour thailand, wisata thailand

Foto: mattmangum.

3. Kanchanaburi

Beralih ke Thailand bagian tengah, Anda bisa berkunjung ke Kachanaburi di mana selain wisata alam, Anda juga bisa mendapatkan wisata sejarah di sini.

Salah satu wisata sejarah yang paling terkenal di Kanchanaburi adalah The Death Railway. Konon, ribuan tawanan perang dari Inggris, Australia, Belanda, dan Amerika meninggal karena dipaksa tentara Jepang untuk bekerja selama lebih dari 18 jam setiap harinya di masa Perang Dunia II. Katanya, untuk setiap 1 bantalan rel yang diletakkan di sepanjang rel itu, ada 1 orang yang tewas. Mengerikan bukan?

Selain itu, Anda dapat menikmati keindahan Erawan Falls di Erawan National Park, yakni air terjun 7 tingkat yang mengalir ke kolam-kolam berwarna hijau toska. Ada juga Tiger Temple di mana Anda bisa melihat para Biksu yang bercengkrama dengan harimau, serta Elephant World di mana Anda bisa memberi makan, bermain, serta melihat, dan turut serta memandikan hewan-hewan besar ini.

Klik : Harga Paket Tour Motogp Sepang 2017

khaoyai tree thailand, tour thailand, wisata thailand

Foto: Paxzcasso.

4. Khao Yai

Khao Yai tampak agak berbeda dengan sebagian besar provinsi di Thailand. Di tempat yang hanya berjarak 3 jam perjalanan darat dari Bangkok ini, Anda bisa menikmati kesejukan dan hamparan pegunungan bagai di Eropa.

Tempat yang paling terkenal di Khao Yai adalah Khao Yai National Park yang ditetapkan sebagai taman nasional sejak tahun 1962. Di sini, Anda bisa bermain di air terjun Haew Suwat yang menjadi lokasi syuting film Leonardo DiCaprio yang berjudul The Beach pada tahun 2000.

Bagi Anda yang suka berburu foto, Anda wajib ke Pha Diao Dai atau Lonely Cliff di Khao Yai National Park yang menawarkan salah satu pemandangan terindah di Thailand. Kegiatan lain yang Anda bisa lakukan adalah berkunjung ke Chokchai Farm untuk belajar membuat es krim dari susu sapi asli yang diambil langsung dari peternakan. Selain itu, Anda dapat menikmati aneka ragam atraksi seru seperti pertunjukan cowboy atau rodeo. Jangan lupa untuk menikmati steak paling enak di Thailand di area Chokchai Farm.

Khao Yai juga merupakan salah satu daerah penghasil wine terbaik di Thailand. Jika Anda berkunjung ke sini, jangan lupa untuk singgah ke PB Winery atau Gran Monte, di mana Anda bisa melihat langsung perkebunan anggur, proses pembuatan wine, sampai mendapatkan tips cara memilih wine yang baik, mencicipi, dan meminumnya.

Klik : Paket Tour Singapore Malaysia 2017

khaoyai tree thailand, tour thailand, wisata thailand

5. Ayutthaya

Ayutthaya dikenal sebagai tempat wisata bersejarah di Thailand. Sebagian besar tempat wisata di kota ini berupa candi, museum, dan bangunan-bangunan yang memiliki cerita serta nilai sejarah tersendiri. Beberapa di antaranya adalah Chandra Kasem Palace atau Wang Na, yang menjadi tempat tinggal Raja Naresuan; Bang Pa-In Royal Palace, komplek istana musim panas yang digunakan raja-raja Thailand; dan Chao Sam Phraya National Museum yang memiliki benda-benda seni berusia 500 tahun lebih.

Anda juga bisa mengunjungi Phra Mongkhon Bophit untuk melihat salah satu patung perunggu Buddha terbesar di Thailand. Wat Chaiwatthanaram, Kuil Buddha yang termasuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, pun patut Anda datangi.

Sumber : https:/www.skyscanner.co.id