6 Bangunan Bersejarah Kota Bandung yang  Menarik di Kunjungi– Siapa yang tak kenal dengan Kota Bandung?  Ya, Kota yang satu ini selalu meghadirkan cerita tersendiri bagi anda yang berlibur ke Kota Bandung. Selain mempunya tempat wisata di Bandung, tempat wisata kuliner di Bandung , tempat wisata belanja di Bandung anda dapat berkunjung ke tempat wisata bangunan bersejarah Bandung.

Bangunan bersejarah di Bandung menjadi suatu bukti tentang bagaimana peristiwa-peristiwa penting kemerdekaan Indonesia pernah terjadi di Kota ini. Bangunan tua di Bandung dapat membuat anda untuk tidak melupakan arti penting sejarah bagi Kemajuan suatu bangsa.  Selain dapat menjadi destinasi berlibur anda banguan tua dapat menjadi spot berfoto anda bersama keluarga dan kerabat.

Java Wisata Bandung mencoba memberikan informasi kepada anda dalam mencari bangunan peninggalan sejarah di bandung. Dari sekian banyak  , berikut 6 Bangunan Bersejarah Kota Bandung yang  Menarik di Kunjungi :

Tempat Bersejarah di Bandung

1.Gedung Sate

gedung-sate-1-615x343

Bagi yang sudah pernah datang ke Kota Bandung, Gedung Sate bukan yang asing lagi. Dinamakan Gedung Sate karena dibagian atas gedung memiliki ornamen menyerupai tusuk sate. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1920.

Gedung Sate bukanlah gedung biasa, tetapi merupakan gedung perkantoran pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pada hari Minggu, halaman Gedung Sate dijadikan tempat sebagian masyarakat Bandung untuk bersantai. Seolah tahu gedung ini ramai dikunjungi warga, para pedagang pun banyak memenuhi lokasi ini.

2.Gedung Merdeka

gedung-merdeka

Gedung bersejarah ini terletak di Jalan Asia Afrika, No 65. Bagi Anda yang sering datang ke Bandung, sudah pasti tahu letak gedung yang megah ini.

Awalnya, tempat ini bernama Gedung Societeit Concordia. Namun, nama tersebut diganti oleh Bung Karno menjadi Gedung Merdeka pada tahun 1955. Di gedung ini pula, beliau memimpin Konferensi Asia Afrika bersama para tokoh dunia Asia-Afrika saat itu.

3.Grand Hotel Preanger

hotel-grand-peanger

Klik : paket wisata air panas ciater outbound lembang

Awalnya, Grand Hotel Preanger ini berarsitektur gaya Hindia-Belanda. Namun, kemudian bangunan ini didesain ulang pada tahun 1929 oleh CP Wolff Schoemaker dan dibantu oleh muridnya, yaitu Ir Soekarno.

Setelah saat itu, gedung yang terletak di Jalan Asia Afrika No 81 ini menjadi lebih terkenal, baik di dalam maupun di luar negeri. Hotel ini menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia pada saat itu.

4.Bosscha

observatorium-bosscha-jawa-barat

Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di. Observatorium ini terletak di Lembang, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 15 km utara Kota Bandung. Kawasan di sekitar Observatorium Bosscha dikenal dengan hawanya yang sejuk. Jelas saja, sebab bangunan ini terletak pada ketinggian sekitar 1.310 mdpl.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan bintang sambil mempelajari ilmu astronomi. Selain bersejarah, lokasi ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata pendidikan di Kota Bandung. Untuk bisa masuk ke dalam gedung, Anda diharuskan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu.

5.Hotel Savoy Homman

hotel-savoy-homan

Bagi Anda yang bingung mencari penginapan di Bandung, mungkin Hotel Savoy Homann bisa menjadi pilihan. Hotel bintang empat ini berada di Jalan Asia-Afrika No 112, Cikawao, Lengkong.

Selain memiliki kamar yang super nyaman, Hotel Savoy Homman memiliki sejarah tersendiri khususnya di Kota Bandung. Bangunannya bergaya art deco dan dibangun pada tahun 1939. Hotel pertama di Bandung ini pernah digunakan sebagai tempat menginap para tamu negara saat Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Jadi, bila Anda ingin bermalam di hotel bagai tamu penting negara, menginap saja di Hotel Savoy Homman.

6.Villa Isola

VILLA-ISOLA-1

Terakhir, Villa Isola merupakan bangunan bersejarah yang wajib untuk dikunjungi. Letaknya di Jalan Setiabudi, yaitu akses dari Kota Bandung menuju Lembang, tepatnya di kompleks Universitas Pendidikan Indonesia(UPI). Bangunan tua yang masih sangat terawat ini bergaya arsitektur art deco.

Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini sempat digunakan sebagai kediaman sementara Jendral Hitoshi Imamura menjelang Perjanjian Kalijati dengan pemerintah terakhir Hindia Belanda di Kalijati, Subang, Maret 1942. Sejarah dan gaya arsitekturnya itulah yang kemudian membuat bangunan ini wajib untuk dikunjungi.

Menarik bukan ? Itulah tempat wisata bangunan bersejarah di Bandung. Tunggu apalagi ayo ajak keluarga dan kerabat anda berlibur ke Kota Bandung.  Untuk memudahkan anda Java Wisata Bandung menyediakan paket tour bandung, paket outbound bandung, paket rafting bandung, paket offroad bandung. 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/