Ada Apa di Observatorium Bosscha, Bandung ?

Observatorium Bosscha, wisata bandung, tour bandung

Sewaktu kecil, ketika saya berkunjung ke Lembang. Sewaktu kecil, ketika saya berkunjung ke Lembang. Orang tua saya selalu menyebutkan kata Bosscha, ketika melewati jalan raya Lembang.orang tua saya menunjukan sebuah bangunan yang unik.

Beberapa waktu kemudian saya baru sadar bahwa Bosscha adalah tempat peneropongan bintang. Anda bisa melihat bintang atau unit tata surya dari Bosscha menggunakan teropong bintang.

Setelah sekian lama baru saya dapat berkunjung ke observatorium ini. Kebetulan saya diajak ke Boschadalam acara liputan salah satu acara NetTv.

Observatorium Bosscha, tour bandung, wisata bandung

Ada apa aja di Boscha ?

Jika anda ingin mempelajari ilmu astronomi maka anda bisa datang ke Observatorium Bosscha. Ada 10 teleskop yang bisa digunakan untuk melihat dan mempelajari hal yang berkaitan dengan langit dan astronomi. Observatorium Bosscha dibangun sudah lama sekali yaitu pada tahun 1923-1928. Tapi bangunan observatorium inisampai saat ini masih bisa digunakan dengan normal. Ada teropong paling terkenal di Boscha, yaitu teropong bintang yang bernama teleskop ganda Zeiss. Teleskop ini diletakan disebuah bangunan unik yang atap nya bisa dibuka dan ditutup secara otomatis.

Ketika kunjungan kami ke Bosscha, kami ajak mengunjungi dan melihat teleskop yang berada dibangunan unik tersebut.Kami sangat kagum ketika melihat atap gedung terbuka, menyesuaikan dengan posisi teleskop yang super besar. Wow..Ketika atap terbuka kami melihat pemandangan langit yang cerah diatas kepala kami semua.

Observatorium Bosscha, tour bandung, wisata bandung

Jika anda berkunjung ke Boscha pada saat malam hari, anda dapat menggunakan salah satu teleskop. teleskop yang berada di bangunan lain di bawah tanah, yang bernama teleskop Bamberg. Bangunan tempat menyimpan teleskop ini juga atap nya bisa terbuka otomatis.

Anda akan merasakan suasana yang sangat menarik di komples Observatorium Bosscha ini. kenapa sangat menarik ? karena diarea Bosscha masih terdapat bangunan-bangunan yang dibangun di zaman Belanda yang masih berdiri kokoh.

Bangunan lama di area komplek Bosscha ditempati oleh kepala observatorium dan dijadikan kantor. Lalu yang paling menarik gedung Bosscha nya sendiri yang juga sangat unik. Ditambah dengan hamparan rumput hijau diarea komplekyang menambah kesan sejuk dan gedung Bosscha menjadi terlihat cantik.

Observatorium Bosscha, teleskop bamberg

Baca Juga : Fakta Unik Gedung Sate Bandung 

Cara Berkunjung ke Bosscha ? Jika anda ingin berkunjung ke Bosscha tidak bisa ketika anda ingin berkunjung, seketika itu anda langsung datang.Karena untuk berkunjung ke Bosscha sudah ada jadwalnya. Jika kunjungan atas nama perusahaan/instansi/organisasi untuk kegiatan study tour, maka berkunjungan pada hari Selasa-Jumat dan untuk kunjungan peroranganbisa berkunjung pada hari Sabtu 09.00-13.00. Bosscha membatasi jumlah kunjungan setiap harinya, yaitu hanya 200 orang saja yang bisa berkunjung setiap harinya.Dan hari minggu dan senin manajemen boscha tidak dapat menerima kunjungan.

Pada bulan April – Oktober di musium kemarau, Bosscha menerima kunjungan di malam hari. Dan jika langit cerah, anda bisa mencoba menggunakan teleskop Bamberg. Kunjungan dibuka pada hari kamis dan jumat, dan jika anda ingin berkunjung, anda harus mendaftar terlebih dahulu. Anda bisa kunjungi website ini http://boscha.itb.ac.id/ untuk mengetahui informasi detailnya.

Info Wisata : Paket Wisata Bandung Murah 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call : 0222785154
Chat Whatsapp