Hangatnya Berendam di Pemandian Air Panas Kawah Rengganis

Hangatnya Berendam di Pemandian Air Panas Kawah Rengganis, tour bandung, wisata bandung

Hangatnya Berendam di Pemandian Air Panas Kawah Rengganis. Indonesia merupakan negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia. Lingkup iklim yang tropis dan letaknya yang berada di garis “ Ring Of Fire “ menjadi pusat rawan bencana. Bencana yang timbul akibat terlewati garis “ Ring Of Fire “ ini bermacam – macam. Diantaranya yang sering terjadi adalah gempa bumi tektonik maupun vulkanik.

Bahaya dari masing masing gempa bumi ini pun berbeda – beda. Jika pada gempa bumi tektonik memicu tsunami, pada gempa bumi vulkanik memicu meletusnya gunung berapi.

Meletusnya Gunung Api di Indonesia juga telah mencatat sejarah duka yang amat sangat. Letusan paling besar yang terjadi di Indonesia adalah Letusan Gunung Api Krakatau yang berada di Selat Sunda, yang bahkan berpotensi Tsunami. Getaran dan abu vulkaniknya pun sampai ke negara – negara lain.

Sedangkan salah satu Letusan lainnya berada di Bandung. Letusan dari Gunung Api Sunda Purba ini terjadi sekitar jutaan tahun yang lalu. Hasil Letusan Gunung Api sunda ini sekarang lebih dikenal dengan nama Kawah Rengganis atau Kawah Cibuni.

Hangatnya Berendam di Pemandian Air Panas Kawah Rengganis, tour bandung, wisata bandung

Kawah Rengganis ini berada di kawasan perkebunan teh milik PT. Perkebunan Nusantara VIII. Tepatnya di Kampung Cibuni, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Berbeda dengan Kawah hasil letusan lain yang mengeluarkan uap panas dan belerang. Kawah rengganis ini mengeluarkan mata air panas yang kaya akan belerang.

Dahulu Kawah Rengganis sering dijadikan sebagai tempat pemandian air panas atau berendam bagi warga sekitar secara gratis. Karena lokasinya yang berada di perkebunan teh milik perusahaan dan dibawah manajemen Glamping Lakeside Rancabali, para wisatawan yang ingin datang pun harus membayar tiket masuk.

>> Promo terbaru : Paket Wisata Ciwidey Bandung

Hangatnya Berendam di Pemandian Air Panas Kawah Rengganis, tour bandung, wisata bandung

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Wisata Pemandian Air Panas Kawah Rengganis

Tarif tiket masuk yang harus dibayar pun tidak mahal, hanya cukup membayar Rp. 5000 saja anda bisa menikmati hangatnya berendam di mata air panas alami. Sedangkan untuk fasilitas yang disediakan diantaranya : toilet, mushola, tempat parkir, homestay, dan warung – warung.

Untuk homestay nya sendiri cukup unik. Jika biasanya anda mengira homestay ini adalah sebuah hotel yang berkonsep rumahan. Tapi disini anda bisa merasakan sensasi menginap langsung di rumah warga yang anda sewa permalamnya. Tentunya dengan harga terbaik dan fasilitas yang cukup memadai.

Rute Perjalanan Menuju Wisata Pemandian Air Panas Kawah Rengganis

Rute yang harus ditempuh pun tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu menyusuri Jalanan Kawasan Wisata Ciwidey. Tak jauh dari Jalan Raya, anda akan menemukan tulisan dan petunjuk lokasi Kawah Rengganis berada. Namun bagi anda yang membawa mobil, anda harus menyimpannya di areal parkir dekat  Jalan Raya Ciwidey dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Mengapa begitu ? karena jalanan yang akan anda tempuh agak sempit dengan kontur jalan cukup terjal dan banyak batu.

Sedangkan keuntungan bagi anda yang menggunakan motor, anda bisa masuk sampai ke dalam dan memarkirkan motor didekat objek wisata Pemandian Air Panas Kawah Rengganis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call : 0222785154
Chat Whatsapp