Skip to main content

Ingat 6 Hal Ini Saat Liburan ke Melaka, Malaysia

melaka malaysia
Melaka, Malaysia merupakan kota cantik yang masuk daftar kawasan yang bersejarah UNESCO. Jika Anda liburan ke sini ingatlah 6 hal ini agar liburan Anda lancar selama di sana. Banyak turis asing yang datang ke sini dan menjadikan Melaka sebagai tujuan wisata mereka. Jadi tidak heran banyak cara yang dilakukan wisatawan untuk menikmati kota ini. Satu di antaranya dengan mendatangi tempat yang bersejarah seperti Jonker Street dan juga Gereja Saint Paul.

Sebelum Anda mendatangi tempat bersejarah tersebut ada beberapa kiat yang dapat Anda praktikkan supaya jalan-jalan selama di Melaka menjadi lebih nyaman. Ingat 6 hal ini saat liburan ke Melaka, Malaysia.

1. Bawa kaos dan topi
Kota ini udaranya cukup panas ketika siang hari. Ada baiknya Anda bawa pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat seperti kaos. Bukan hanya pakaian tapi bawalah topi juga supaya wajah Anda terlindungi dari paparan sinar matahari. Tak ada salahnya menggunakan tabir surya yang memiliki SPF tinggi sebelum berangkat keluar.

2. Jalan kaki jauh lebih seru
Jalan di Kota Melaka jauh lebih seru jika Anda jalan kaki. Sebab di sini banyak tempat wisata yang penuh sejarah dan letaknya tidak berjauhan. Contohnya Gereja Saint Paul dengan Porta de Santiago dapat dicapai dalam waktu 10 menit dari Kota Hatten Square. Lebih-lebih lagi saat mengunjungi Jonker Street di bagian utara Saint Paul. Disebut juga sebagai Old Town of Melaka ini banyak pertokoan dan juga rumah makan khas makanan peranakan China dan Melayu.
3. Naik sepeda bisa kok!
Kalau Anda tidak ingin berjalan kaki Anda dapat menyewa sepeda yang dapat Anda gunakan berkeliling Kota Melaka. Di Jonker Street terdapat tempat menyewa sepeda dan dapat digunakan untuk jalan-jalan seharian.

4. Jangan ragu menawar harga
Melaka, sebagai kota tujuan wisata, dipenuhi toko yang menyediakan souvenir khas daerah mereka. Tersebar di beberapa kawasan Red Square, Porta de santiago sampai Jonker Street. Jika Anda akan membeli berbagai souvenir yang dijual di sana jangan takut untuk menawar harga barangnya. Sebab banyak pedagang yang bersedia memberikan potongan harga sampai 5% dari harga asli.

5. Penginapan murah di Jonker Street
Kawasan Melaka di penuhi hotel berbintang lima dan juga ternama. Namun kalau Anda liburan ala backpacker, dapat mencari-cari penginapan yang harganya terjangkau di Jonker Street. Fasilitasnya tidak jauh beda. Tersedia air dingin dan panas untuk mandi dan berbilas. Masyarakat sekitar juga menyediakan kamar yang bisa disewa oleh turis. Bedanya menyewa kamar milik penduduk setempat adalah fasilitas yang disediakan. Tak semua menyediakan ai panas atau toilet tersendiri.

5. Belanja sebelum pukul 22.00
Jika Anda ingin berbelanja souvenir dan oleh-oleh datangnya sebelum pukul 22.00 sebab tokonya akan tutup pada waktu tersebut. Toko yang buka hingga larut hanya apotik, mini market, dan tempat wisata kuliner. Namun kalau ingin menghindari panas matahari saat berburu oleh-oleh malam hari memang waktu terbaik. Hanya jangan terlalu malam sehingga Anda tidak terburu-buru saat memilih souvenir atau oleh-oleh. Ingin belanja murah? Datanglah ke kawasan Newton yang letaknya di Hatten Square. Tempat ini hanya buka malam hari. Harganya juah lebih murah dibandingkan beberapa tempat seperti Jonker Street atau Red square.
6. Pergi sendiri atau beramai-ramai
Liburan ke Melaka sendiri sebenarnya bukan masalah. Selama Anda bisa menjaga diri. Apalagi kawasan Melaka cukup nyaman dan Anda bisa menghabiskan waktu dengan diri sendiri. Polisi banyak siaga di titik-titik tertentu untuk menjaga keamanan wilayah tersebut. Tapi kalau Anda kurang yakin ada baiknya menghindiri keluar sendiri. Paling tidak pergilah bersama seorang teman. Berdua Anda bisa saling menjaga dan jauh lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!