outbound anak, Membentuk Karakter Anak dari Field Trip

Membentuk Karakter Anak dari Field Trip Study Tour. Telah kita ketahui kegiatan pembelajaran di sekolah tak hanya mencakup aktivitas di dalam lingkungan kelas, namun terdapat juga studi lapangan yang sangat bermanfaat.

Salah satu kegiatan studi lapangan dari sekolah adalah Field Trip, yang pada akhirnya anak-anak akan diberi tugas untuk membuat sebuah laporan perjalanan. Field Trip adalah perjalanan yang dilakukan oleh peserta didik atau pelajar untuk mendapatkan pengalaman baru secara langsung dan termasuk dalam kurikulum dari sekolah.

Melihat pengertian field trip tersebut, maka field trip adalah hal penting bagi perkembangan anak. Mengapa harus filed trip? Karena dari field tersbut anak dapat berpikir kratif, mendapatkan pengalaman baru, mengetahui dan memecahkan masalah secara langsung.  Sebenarnya manfaat, tujuan dan keunggualan field trip itu apa saja sih? berikut adalah beberapa manfaat field trip dalam pembentukan karakter anak :

Membentuk Karakter Anak dari Field Trip Study Tour

  1. Memiliki Wawasan Yang Luas

Membawa anak keluar jalan-jalan dari rumah dapat memberikan kesempatan yang baik untuk memberinya suatu hal baru yang berbeda. Ia akan bertemu dengan banyak orang selama perjalanan, tradisi dan kebudayaan, adat istiadat dan jenis kuliner yang ada.

Dengan memberinya hal baru, maka anak akan belajar untuk memahami perbedaan yang ada. Dengan memberinya sedikit pengertian maka anak akan memahami dan melakukan hal yang tepat dan sesuai.

>> Klik ini : Paket Outbound Bandung

  1. Melatih Beradaptasi

Menginap di hotel mewah dan sekeren apapun jelas akan berbeda halnya jika berada di rumah. Anda pasti pernah menghadapi anak yang rewel ketika sedang menginap di rumah saudara atau dimanapun. Dengan membiasakan anak  keluar dari zona  nyaman yaitu rumah, maka akan memudahkan ia untuk beradaptasi dalam segala kondisi selain dari waktu liburan.

  1. Memberi Kesempatan Dalam Pandangan Yang Berbeda

Setiap anak telah mempunyai sudut pandang yang berbeda. Misalnya anak dapat menganggap hal yang wajar jika ia memiliki pengasuh yang selalu menuruti semua kemauannya karena hampir semua teman-temannya di sekolah seperti itu.

Namun saat mengikuti field trip ke suatu desa misalnya, maka mereka akan merasa bahwa mereka dapat melakukan suatu hal  dengan sendiri tanpa bantuan orang lain. karena setiap anak mampu melakukan banyak hal, maka dari sinilah pandangannya mulai berubah.

>> Klik ini : Paket Rafting Bandung

  1. Berlatih Untuk Mandiri

Bepergian ke suatu tempat yang jauh dari rumah dan mengenal lingkuangan sekitar dapat memberikan pelajaran berharga kepada anak untuk melakukan segala hal dengan mandiri tanpa bantuan orang lain.

seperti halnya tentang masalah tanggung jawab, mereka akan membereskan dan bertanggung jawab terhadap barang-barang yang ia bawa atau saat bangun tidur sendiri.

  1. Mampu Bersosialisasi Dengan Baik

Ketika field trip tentunya anak-anak akan banyak berinteraksi langsung dengan orang-orang sekitarnya. Hal ini mampu meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri  anak. Dengan kebiasaan tersebut anak-anak akan mampu berkomuikasi dengan baik terhadap semua orang.

  1. Mempelajari Potensi Baru

Field trip sangat bermanfaat untuk anak-anak, karena memberikan kesempatan luas untuk belajar banyak hal. Misalnya membajak sawah, menanam padi, memberi  makan ayam atau memerah susu. Sudah pasti hal tersebut sangat bermanfaat untuk pembentukan karakter yang baik.

  1. Mengatasi Masalah Dengan Keluar Dari Zona Nyaman

Saat berada dirumah anak akan merasa mudah untuk melakukan segala hal yang ia inginkan, itu mungkin berkat pendampingan dari pengasuhnya.

Ketika anak diajar untuk liburan tanpa pengasuh merupakan hal tepat agar ia mampu menyelesaikan semua masalahnya sendiri tanpa bantaun pengasuh.

Dari situasi tersebut maka anak tidak memiliki siapapun untuk diandalkan dan berada di zona tidak nyaman. Dengan situasi tidak nyaman maka anak akan belajr toleransi terhadap ketidaknyamanan  yang ia rasakan dan berusaha untuk mengatasi situsi tersebut.

>> Klik ini : Paket Family Gathering Sariater

Tujuan dari Field Trip yaitu :

  1. Anak akan mendapatkan pengalaman langsung dari objek yang dilihatnya
  2. Anak dapat memahami tugas atau pekerjaan seseorang
  3. Anak akan bertanya jawab sehingga dapat memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapi dalam perjalanan atu pengetahuan
  4. Mereka dapat melihat, meneliti, mendengar dan mencoba terhadap hal yang sedang ia hadapi. Agar anak dapat mengmbil sebuah keputusan dan kesimpulan dengan baik.

Keunggulan Field Trip :

  1. Filed trip memiliki prinsip pengajaran yang modern dengan manfaat lingkungan secara langsung
  2. Membuat pejalaran yang ada di sekolah menjadi lebih relevan dengan kenyataan serta kebutuhan dan keadaan masyarakat
  3. Metode pengajaran yang mampu merangsang kreativitas anak
  4. Mendapatkan informasi yang aktual dengan luas
  5. Mengamati kenyataan yang beragam secara dekat
  6. Memahami pengalaman baru dengan turut mencobanya dalam suatu kegiatan
  7. Anak dapat memecahkan suatu masalah dari pernyatan yang ada
  8. Anak mendapat didikan untuk memperoleh informasi dengan wawancara atau mendengar ceramah
  9. Anak dididik untuk mempelajari sesuatu hal secara itensif dan kemprehensif

Setelah menyimak penjelasan tentang field trip tersebut, pastinya sangat tertarik ya memberikan pengalaman baru untuk anak. Kami travel agent terbaik di Bandung, Java Wisata, sangat peduli dalam pembentukan karakter tersebut dan dengan senang hati kami memfasilitasi field trip atau Paket Study Tour dengan harga yang terjangkau.