Sejak dulu, Bandung sangat terkenal dengan keindahan alam serta kesejukan udaranya. Letaknya yang berada di elevasi dan dikelilingi oleh pegunungan menjadi salah satu alasan mengapa udara di Bandung sangat sejuk dan nyaman untuk wisatawan yang berkunjung. Untuk Anda yang hendak menikmati keindahan serta sejuknya alam Bandung, ada sekian banyak pilihan lokasi yang menawarkan sensasi itu dengan ongkos yang murah meriah. Salah satunya ialah Dermaga Bintang yang berada di area Hutan Pinus Bukit Moko, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Sebelum menjadi lokasi wisata laksana sekarang, Dermaga Bintang yang menjadi satu area dengan Puncak Bintang ini lebih diketahui dengan nama Bukit Moko. Sampai terlaksana pembangunan Puncak Bintang di tahun 2014, disusul Dermaga Bintang pada tahun 2016 sampai diresmikan langsung oleh Perhutani KPH Bandung Utara sebagai area wisata alam.

Untuk menjangkau Dermaga Bintang, kita dapat membawa kendaraan roda dua atau roda empat melewati Jl. Padasuka Bandung. Namun terdapat satu urusan yang butuh diperhatikan, persiapkan kendaraan yang kita kemudikan dalam keadaan baik, sebab ada sejumlah tanjakan yang tingkat kemiringannya lumayan terjal guna dilewati.

Keberadaan jalur utama yang sering dileawti ada satu, serta banyaknya papan petunjuk jalan akan sangat menolong Anda dalam melewati rute guna sampai ke tujuan. Sesampainya di Bukit Moko, Anda bisa memarkir kendaraan kita di pelataran Warung Daweung dan cukup berjalan kaki mengarah ke pintu gerbang masuk Dermaga Bintang / Puncak Bintang. Cukup dengan Rp.15.000, Anda bisa menikmati beragam keindahan alam yang ditawarkannya.
Di lokasi hutan pinus, kita dapat menegakkan tenda guna berkemah maupun ber-hammocking ria salah satu pepohonan. Saat matahari mulai terbenam, inilah waktu yang tepat guna naik ke atas Dermaga Bintang, karena arahnya yang persis menghadap ke barat.

Sesuai dengan nama lokasinya, Dermaga Bintang berbentuk layaknya suatu Dermaga guna menaiki kapal pesiar. Di unsur tengahnya terdapat suatu bintang raksasa yang akan bercahaya menjelang malam tiba. Dan ketika Anda memalingkan pandangan ke arah barat, kita dapat merasakan pemandangan Kota Bandung yang paling indah. Di malam hari, lampu-lampu flamboyan dari ribuan bangunan yang mulai memancarkan sinarnya laksana bintang yang bertaburan di langit.

Sepulang dari Dermaga Bintang, kita dapat mengisi perut di Warung Daweung yang tidak jauh dari area Bukit Moko, atau kita dapat turun sedikit ke area Caringin Tilu atau lebih dikenal dengan Cartil. Walau tak setinggi Dermaga Bintang yang berada di elevasi 1.442 MDPL, sambil merasakan secangkir kopi dan mie rebus di tengah sejuknya alam Bandung, kita masih dapat merasakan city light Kota Bandung yang akan memanjakan mata Anda.

Ingin berliburan kesini? Silahkan hubungi kami mengenai biaya & hal lainnya. Terima kasih!