Tempat Wisata Budaya dan Seni Bandung yang Menarik

Tempat Wisata Budaya dan Seni Bandung yang menarik Bandung yang merupakan Ibu Kota Jawa Barat selalu menjadi perhatian banyak orang.Bhineka Tunggal Ika (Berbeda-beda tapi satu jua) yang merupakan simbol negara Indonesia mengartikan bahwa Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku bangsa , budaya, bahasa tetapi tetap satu tujuan. Kekayaan budaya yang ada di Indonesia salah satunya terdapat di Kota Bandung.

Kental dengan budaya Sunda dan seninya akan menjadi daya tarik tersendiri untuk traveler berkunjung ke Kota Bandung. Budaya sunda yang sudah terkenal salah satunya yaitu wayang golek, tari jaipong, tari ketuk tilu, kesenian angklung, dll. Java Wisata Bandung mencoba memberikan rekomendasi kepada anda daftar tempat wisata budaya bandung, antara lain:

Tempat Wisata Budaya dan Seni Bandung

Klik : Outbound Bandung

1.Saung Angklung Udjo

Saung-Angklung-Udjo-Terbaru

Pada awalnya tahun 50 an sepasang suami istri Udjo Ngalagena beserta istrinya Uum Sumiati yang bermukim di daerah Padasuka Bandung mencoba untuk mendirikan paguyuban kesenian Sunda. Didasari dengan keinginan untuk melestarikan Budaya Sunda merekapun memulai kiprahnya dengan mengadakan pertunjukan Kesenian Sunda. Respon dari penonton yang meyaksikan pertunjukan ini pun ternyata baik. Pada tahun 1966 akhirnya Sanggar Kesenian Saung Angklung Mang Udjo didirikan.

Fasilitas Saung Angklung Udjo seperti kursi pertunjukan, alat musik, hingga panggung pertunjukan di  buat dari bahan bambu sesuai konsep yang diusung yaitu dominasi bambu.Pertunjukan angklung udjo dari anak anak yang penuh keceriaan akan di pertontonkan kepada para pengunjung. Selain itu juga setelah pertunjukan semua pengunjung akan diajak untuk bermain angklung bersama para tim angklung udjo . Keunikan ini yang membuat wisatawan domestik maupun mancanegara menjadikan  wisata Saung Angklung Udjo menjadi destinasi favorit mereka.

 

Jam Oprasional Saung Angklung Udjo

Sanggar Budaya ini buka setiap hari dimulai pukul 10.00-20.00 WIB

Alamat Saung Angklung Udjo

Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192.

Harga Angklung Udjo

Tiket Masuk :

Weekday Rp. 60.000,-/orang

Weekend Rp. 75.000,-/orang

Dengan harga tiket tersebut pengunjung mendapatkan welcome drink serta dapat menonton pertunjukan.

2.Taman Budaya Jawa Barat

pagelaran-angklung-taman-budaya-jawa-barat

Tempat wisata ini sudah terkenal sejak jaman penjajahan Belanda sebagai retoran Bandung tempat minum teh dan kuliner. Dahulu tempat ini dikenal dengan nama Dago The Huis (Rumah Teh Dago) atau dalam bahsa Indonesia di Kenal sebagai Dago Tea House. Letaknya yang berada pada dataran tinggi membuat susana tempat ini sejuk sehingga menambah kenyamanan untuk pengunjung untuk bersantai sambil menikmati makanan dan minuman yang disajikan.

Seiring berjalannya waktu tempat ini berganti nama menjadi Taman Budaya Jawa Barat dan belakangan ini berganti nama kembali menjadi Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat .  Tujuan di dirikannya tempat ini untuk melestarikan kebudayaan Sunda sekaligus menjadi pusat kebudayaan(caga budaya). Disini anda akan disajikan pertunjukan dan teater terbuka kesenian dan budaya Sunda. Disunting dari wikipedia.org ada beberapa fasilitas di temoat ini antara lain :

 

Fasilitas Taman Budaya Jawa Barat

Arena Panggung Terbuka (Open Air Theater)

Gedung utama yang dahulu digunakan sebagai Restoran Dago Tea House. Memiliki panggung dengan kapasitas tempat duduk yang mampu menampung hingga 1200 penonton. Untuk tempat duduk penonton terdiri atas dua buah tribun, yaitu tribun atas dan tribun bawah. Yang menarik adalah teater ini adalah teater terbuka, sehingga penonton juga dapat menikmati pemandangan keindahan kota Bandung dan menikmati kesejukan udara pegunungan. Beberapa pertunjukkan yang rutin di sini adalah tarian khas Jawa Barat yang terkenal yaitu Jaipongan. Pertunjukkan lainnya yaitu Karawitan, Angklung, Pantun Bubun, sandiwara, Tembang Sunda, Kuda Lumping, Wayang Golek, dan lainnya.

 

Teater Taman

Selain teater utama, terdapat juga teater taman yang berukuran lebih kecil. Anda dapat menikmati pertunjukkan sembari menikmati keindahan taman di sini.

 

Galeri Pameran

Terdapat galeri di area teater yang sering digunakan sebagai tempat pameran seni rupa, lomba dan diskusi. Galeri terdiri atas dua buah ruangan yaitu di depan dan di belakang. Dahulu galeri ini dikenal dengan nama “Roemah Teh” yang sering dijadikan tempat minum teh seperti nama tempat utamanya yaitu Dago Tea House atau Rumah Teh Dago.

 

Sanggar Seni Tari

Karena berfungsi sebagai Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat, maka di sini juga tersedia sanggar tari. Tempat ini digunakan sebagai pusat latihan tari Jawa Barat termasuk Jaipongan.

 

Perpustakaan

Pada bangunan utama juga terdapat perpustakaan untuk umum yang berisi koleksi buku-buku seni dan budaya.

 

Cindera Mata

Anda juga dapat membeli berbagai cindera mata khas Jawa Barat, baik kerajinan tangan, lukisan, wayang golek, dan juga cindera mata lainnya.

 

Alamat Taman Budaya Jawa Barat

Jl. Bukit Dago Utara No.53, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135

 

Jam Oprasional Taman Budaya Jawa Barat

Setiap hari buka Senin S/d Minggu : 09.00 – 22.00 WIB

 

Hara Tiket Taman Budaya Jawa Barat

Tiket Masuk :

Rp.1.000,- (informasi detil dan terbaru tentang harga tiket masuk ( HTM ) Dago tea house terbaru dan harga tiket parkir dago tea house, silahkan anda hubungi  nomer telepon : (022) 2505365)

Klik : Outbound Bandung

Selain tempat wisata budaya dan seni diatas anda dapat mengunjugi :

 

Kampung Adat Mahmud

Desa Mekarrahayu, Kec. Margaasih, Kab. Bandung

 

Kampung Adat Cikondang

Desa Lamajang, Kec. Pengalengan, Kab. Bandung

 

Kampung Adat Cireundeu

Kel. LeuwiGajah, Kota Cimahi

 

Bumi Alit

Desa Batukarut, Kec.Arjasari, Kab. Bandung

 

GK Rumentang Siang

Jl. Baranang Siang 1, Bandung

 

Padepokan Seni

Jl. Peta, Bandung

 

Yayasan Pusat Kebudayaan

Jl. Naripan 9, Bandung

Unik dan Menaraik Bukan? ya, tunggu apalagi ajak keluarga dan kerabat anda untuk berlibur ke kota Bandung. Untuk memudahkan anda Java Wisata Bandung dapat menjadi solusi anda dalam berlibur yang menawarkan paket tour bandung , paket wisata tematik bandung, paket wisata budaya bandung.

 

Post Author: javawisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *