Tiket Masuk dan Jam Operasional Musium Geologi Bandung

musium geologi bandung

Di Bandung, anda bisa berwisata sambil berlibur, banyak sekali objek wisata di Bandung yang bisa menambah wawasan anda. Salah satunya wisata Musium Geologi Bandung.

Musium ini sudah sangat dikenal, setiap hari banyak sekali pengunjung yang datang ke Musium Geologi. Yang paling banyak berkunjung ke Musium ini adalah para pelajar, baik pelajar dari Bandung ataupun pelajar dari luar Bandung.

Musium Geologi Bandung adalah musium yang memberikan edukasi tentang ilmu pengetahuan alam, tentang mahluk hidup dan tentang sumber daya alam.  Anda juga dapat melihat fosil mahluk hidup dari zaman purbakala hingga zaman sekarang.

Jika dilihat dari luar gedung, gedung ini tampak biasa saja. Tetapi ketika anda masuk ke dalamnya anda akan mendapatkan banyak informasi visual tentang kekayaan dan pengetahuan alam dan kehidupannya.

Dan jika anda ingin berkunjung ke musium ini, anda diharuskan membayar tiket masuk musium geologi. Musium ini adalah musium pemerintah, sehingga hasil dari biaya tiket masuk akan dipakai untuk operasional dan pengembangan Musium Geologi ini.

kerangka dinosaurus musium geologi

Lihat Juga : Wisata Alam Tangkuban Perahu Bandung 

Sejarah Musium Geologi Bandung

Musium Geologi adalah representasi dan bukti dari keberadaan bangsa kolonialisme di Indonesia. Pada abad ke 17 para ahli geologi Eropa mengadakan upaya penelitian tentang geologi dan sumber daya alam. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung revolusi industri yang akan terjadi pada abad ke 18 di negara-negara Eropa. Bangsa Eropa berlomba-lomba berkeliling dunia untuk mengumpulkan informasi dan bahan tambang untuk bahan dasar industri.

Bangsa Eropa melirik Indonesia sebagai lokasi yang potensial akan hasil dan sumber daya alamnya. Oleh karena itu pemerintah Hindia Belanda melakukan penjajahan di Indonesia. Mereka berusaha menguasai seluruh wilayah Indonesia untuk merebut kekayaan alam. Tentunya untuk hasil dari jajahan ini untuk mendukung industri dinegara asalnya.

Pada tahun 1922, dibentuk sebuah lembaga Hindia Belanda yang bertujuan untuk melakukan penyelidikan geologi dan sumber daya alam mineral di Indonesia nama nya Dienst Van den Mijnbouw yang pada tahun 1850 nama lembaga sebelumya adalah Dienst Van hen Mijnwezen. 

JICA singkatan dari Japan International Cooperation Agency adalah lembaga yang membantu mendirikan Musium Geologi Bandung. Musium ini sempat ditutup karena melakukan renovasi, tetapi pada 23 Agustus 2000, musium ini kembali di buka oleh Megawati Soekarno Putri. Musium ini dilindungi oleh pemerintah karena musium ini menyimpan banyak sekali peninggalan masa penjajahan oleh Hindia Belanda.

musium geologi bandung

Anda bisa melihat macam fosil dan berbagai macam batuan dan mineral bumi, hasil dari penelitian geologi sejak tahun 1850.

Dilantai 1 menyuguhkan informasi visual berupa peta geografi Indonesia dalam bentuk relief yang cukup besar. lalu ada juga penggambaran tentang hipotesis pembentukan bumi dan tata surya kita. Dilantai ini juga ada pembahasan tentang perkembangan mahluk hidup dari zaman purba hingga zaman sekarang. Anda bisa melihat fosil tengkorak manusia. Dan anda juga bisa mendapatkan informasi Danau Purba di Bandung, yang sangat populer dan melegenda.

Dilantai 2 menyuguhkan informasi tatanan geologi di Indonesia. Lalu ada informasi tentang pertambangan emas yang paling besar di Indonesia. Dilantai 2 juga terdapat ruangan staf Musium Geologi Bandung.

musium geologi bandung

Harga Tiket Masuk, Alamat dan Jam Operasional

Jika anda liburan dan wisata ke Bandung, sempatkan untuk berkunjung ke musium ini. Musium Geologi Bandung berlokasi di Jalan Dipenogoro No. 57 Bandung. Dekat Gedung Sate dan Taman Lansia Bandung. Buka dari hari Senin – Minggu, mulai jam 08.00 pagi hingga jam 16.00 sore. Biaya tiket masuk nya Rp. 3.000/orang.

Bersambung….

Selanjutnya bahasan mengenai Manfaat dan Tujuan berkunjung ke Musium Geologi. 

Info Wisata : Paket Wisata Bandung Murah 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call : 0222785154
Chat Whatsapp