Wisata Alam Eksotik Kawah Putih Bandung

Wisata Alam Eksotik Kawah Putih Bandung, Kawah Putih merupakan tempat wisata di Bandung yang sangat terkenal. Lokasinya di Ciwidey, Jawa Barat. Sekitar 50 KM ke arah selatan kota Bandung. Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Tanah yang ada di kawasan ini sesuai namanya warnanya putih dari pencampuran belerang. Selain tanahnya yang putih air di sini juga warnanya putih kehijauan dan bisa berganti warna sesuai dengan kadar belerang yang ada di dalamnya, suhu, dan juga cuaca.

Berada di pegunungan dengan ketinggilan yang lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di wisata Kawah Putih dingin karena hanya bersuhu 8 derajat hingga 22 derajat selsius. Jadi jangan lupa kenakan jaket atau pakaian yang tebal.

 

sejarah kawah putih

Wisata Alam Eksotik Kawah Putih Bandung

Sejarah Kawah Putih

Cerita tentang Kawah Putih dimulai pada abad ke 10. saat itu terjadi letusan hebat di Gunung Patuha. Kemudian setelah letusan banyak yang beranggapan lokasi ini angker sebab burung yang lewat kawasan tersebut akan mati.

Kepercayaan mengenai tempat ini angker memudar seiring berjalannya waktu. Hingga akhirnya di tahun 1837 ada seorang ahli botani yang berkebangsaan Jerman yang mendatangi kawasan ini untuk menjalankan penelitiannya. Dia sangat tertarik dengan kawasan pegunungan yang sunyi. Bahkan tak ditemukan burung yang beterbangan di atasnya. Dia pun berkeliling desa untuk menemukan informasi. Saat itu informasi yang dia peroleh hanyalah kawasan tersebut sangat angker dan hanya dihuni oleh mahluk halus.

Klik : Paket Tour Kawah Putih Bandung

Tentu saja Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tidak percaya dengan pernyataan masyarakat yang tak masuk akal. Karena dia tidak mempercayai cerita tersebut dia pun masuk ke dalam hutan rimba untuk tahu apa yang sebenarnya terjadi di sana. Dia berhasil mencapai puncak gunung dan di sanalah dia dapat melihat keberadaan sebuah danau indah dengan warna putih dan baunya sangat menyengat bau belerang.

Semenjak saat itu keberadaan Kawah Putih Ciwidey jadi terkenal. Hingga dari tahun 1987 pemerintah pun mengembangkan lokasi ini sebagai lokasi wisata dengan pengalaman unik karena pengunjung dapat menyaksikan danau yang berubah-ubah warnanya.

Klik : Paket Tour Bandung 1 Hari dari Jakarta

Di kawasan Kawah putih Ciwidey ini ada ontang-anting. Apa itu ontang-anting? Berasal dari bahasa Sunda yang artinya mondar-mandir dan ini adalah sebutan kendaraan khas Kawah Putih Ciwidey. Kendaraannya berupa mini bus yang dimodifikasi jadi terbuka lengkap dengan pengaman. Satu ontang-anting dapat diisi hingga 12 orang maksimalnya. Jangan khawatir tak kebagian tempat duduk karena di sini banyak ontang-anting yang beroperasi.

Jam buka Kawah Putih Ciwpaket tour bandung 1 hariidey

Tempat wisata Kawah Putih ini buka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

Tips wisata Kawah Putih Ciwidey

Supaya perjalanan wisata Anda ke Kawah Putih nyaman, simak kiat-kita berikut ini.

  1. Gunakan sunblock jika Anda ingin melakukan aktivitas di Kawah Putih sebab suhu udara dingin tak berarti kita aman dari cahaya matahari yang menyengat.
  2. Bawa masker jika Anda tidak kuat mencium bau belerang.
  3. Beli masker di lokasi jika Anda tak punya masker.
  4. Jangan berlama-lama saat berada di kawah karena ini bisa membuat pernafasan Anda terganggu, Naiklah sebentar ke atas sebelum Anda kembali ke kawah untuk melihat pemandangan dari Kawah Putih ini.
  5. Jika Anda datang dengan rombongan yang jumlah pesertanya sedikit lebih baik parkir kendaraan di gerbang dan lanjutkan dengan ontang-anting karena harganya akan jauh lebih murah dan dengan naik ontang-anting Anda bisa menikmati pemandangan hutan pegunungan dengan sangat jelas.

Post Author: javawisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *