SHARE
Tawau Malaysia, tour ke malaysia, wisata ke malaysia
Tawau Malaysia

Wisata ke Tawau, Perbatasan Dua Negara Tetangga, Liburan ke pantai, hutan, gunung, laut, atau pusat kota yang dilengkapi dengan mall yang modern sudah jadi hal yang biasa. Begitu pula dengan wisata edukasi ke sebuah situs sejarah dan juga budaya populer yang ada di sebuah negara.

Kali ini bagaimana kalau Anda singgah ke sebuah tempat yang menarik? Mungkin bukan destinasi wisata yang populer tapi punya keunikan yang harus Anda saksikan dengan mata kepala Anda sendiri.

Tawau Malaysia, tour ke malaysia, wisata ke malaysia
Tawau Malaysia

Wisata ke Tawau, Perbatasan Dua Negara Tetangga

Namanya Tawau, ini adalah kota terbesar ketiga di Sabah Malaysia setelah Kinabalu dan juga Sandakan. Keunikannya adalah dari posisinya yang berbatasan dengan Kabupaten Nunukan yang menjadi bagian Kalimantan Utara. Itu sebabnya pasar tradisional yang ada di Tawau malah banyak dikunjungi warga Nunukan sebab harganya yang jauh lebih murah.

Klik : Paket Tour Malaysia Murah

Letak Tawau di daerah pinggiran pesisir Malaysia dan menjadi pintu keluar dan juga masuk dari dan menuju Malaysia bagi penduduk Kalimantan. Tawau juga jadi titik keberangkatan menuju ketiga pulau yang sangat populer yaitu Sipadan, Pakalai, dan juga Mabul. Untuk singgah ke Tawau Anda harus naik pesawat sekitar 3 jam dari Bandara Kuala Lumpur. Singgahlah di kota ini saat Anda berwisata ke Malaysia. Untuk terbang ke sana dan menggunakan pelayanan yang lebih premium dapat dengan modal tiket Malindo Air.

Tawau, jika dilihat, nampak cukup berbeda dengan beberapa kawasan Malaysia pada umumnya sebab kehidupan masyarakatnya yang masih tradisional. Mayoritas sukunya merupakan keturunan Bugis yang bermigrasi dari Sulawesi Selatan menuju Pantai Timur Kalimantan.

Klik : Paket Tour Malaysia 3 Hari 2 Malam dari Jakarta

Bangunan rumahnya masih tradisional dari kayu dengan pemandangan khasnya perempuan paruh baya. Perempuan yang tinggal di Tawau menggunakan pakaian tradisonal dan sambil menjajakan makanan khas mereka. Kalau ingin tahu siapa yang kaya di kota ini tinggal lihat rumah yang memiliki warna yang elektrik dan juga nyentrik.

Memang masih tradisional tapi saat sudah berada lebih ke tengah kota Anda akan menemukan Tawau yang sudah maju dengan kehadiran supermarket. Bahkan hingga sekarang dapat dikatakan tawau jadi kota termaju dengan kehadiran mall, lapangan golf, dan juga bandara sendiri.

Hotel Bintang 4 juga tersedia di sini. Ada Jalan Dunlop yang sangat terkenal dengan ruko kayu jaman lepas perang dunia kedua. Kalau dibandingkan dengan tetangganya yaitu Pulau Sebatik, Tawau memang jauh lebih berkembang.

Klik : Paket Tour Legoland Malaysia Murah

Dilihat dari segi pariwisatanya sendiri Tawau tak kalah dengan wisata Malaysia yang letaknya di sebelah Tawau. Tawau sendir ipunya banyak panyai yang indah dengan kehidupan nelayannya. Di sini juga terdapat museum dan pabrik cokelat yang memiliki tingkat produksi salah satu terbesar di Asia Tenggara.

The Teck Guan Cocoa Museum merupakan museum coklat yang dimaksud. Museum ini sendiri dikelola perusahaan swasta yang berasal dari Tanjung Batu Laut. Museum mini ini letaknya di dalam pabrik perusahaan tersebut. Anda harus berkelompok untuk masuk ke tempat ini dan melaukan registrasi dengan membayar biaya masuk.

Di sinilah Anda dapat melihat bagaimana pengolahan cokelat dari buah di pohonnya sampai produk jadi. Anda akan diajak keliling pabrik hingga perkebunan di Quoin Hill. Di museum ini Anda juga dapat belajar sejarah kakao dan mendapatkan pengetahuan tentang makanan yang jadi kesukaan hampir semua orang yang ada dunia tersebut.

Jangan sampai Anda melewatkan Tawau saat wisata ke Malaysia ya. Sayang sekali jika Anda tak mampir ke tempat ini untuk menghabiskan liburan.