SHARE

penang

Ada banyak tempat seru yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke Penang, Malaysia. Penang pulau mutiara yang berada di negara tetangga kita Malaysia. Di sini Anda akan melihat budaya India, peranakan China, Melayu dan juga barat. Eksotisme Penang membuat tempat ini menjadi destinasi wisata populer Malaysia. Meskipun Kuala Lumpur sangat terkenal sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan terutama yang berasal dari Indonesia, tak ada salahnya Anda mengeksplorasi negara bagian Malaysia yaitu Penang.

Sekilas Wisata Penang
Penang relatif dekat bagi masyarakat Sumatera Utara contohnya Medan. Paling utama sebagai tempat berobat. Jarak tempuh dan biaya untuk transportasi juga lebih murah dibandingkan dari Medan ke Jakarta. Namanya cukup terkenal di industri kesehatan tapi Penang menawarkan hal lain yang tak dapat ditemukan di tempat lain di Malaysia. Ada beberapa maskapai yang yang memberikan pilihan rute penerbangan ke Penang Malaysia setiap hari. Seperti Air Asia dan juga Malaysia Airlines.

Kita akan dibawa menjelajahi sejarah Penang yang dulunya diduduki koloni Inggris tahun 1786 di bawah kepemimpinan Kapten Francis Light. Sejak saat itu Penang pun menjadi bagian East India Company bersama dengan Melaka dan juga Singapura. Sebagai daerah British Straits Settlements. Sekarang Penang jadi kota modern yang tak lepas dari gemerlap, resor, dan nyaman untuk ditinggali. Di Asia Penang termasuk menjadi 10 kota paling nyaman untuk dihuni. Bahkan Penang mengalahkan Malaysia dan berada di peringkat ke-8.

penang malaysia

Apa yang dapat kita lakukan selama berada di Penang?
Mari jalan-jalan menelusuri sejarah George Town di Penang. Ditetapkan oleh UNESCO sebagai World Heritage City tahun 2008. di setiap ruas ibu kota Penang ini punya sejarah masing-masing yang sangat menarik untuk ditelusuri. Di antara bangunan yang monumental berdiri tegak sejak tahun 1800-an yang dapat Anda kunjungi sebagai berikut.
Benteng Cornwallis – Peninggalan Perang
Menara Jam – Queen Victoria Memorial Tower dekat Istana King Edward
The Pinang Peranakan Manion – Museum Baba-Nyonya
Church Street Pier – Pelabuhan Tanjung City Marina
Markas Dr Sun Yat Sen
Wisata Kuliner di Penang
Mari bertualang lidah dengan harga yang murah meriah. Majalah Time menyatakan Penang sebagai Best Street Food pada tahun 2004. Pusat jajanan yang sangat terkenal adalah Gurney Drive yang letaknya di sepanjang Gumey Beach dan selalu ramai dengan penikmat kuliner khas Penang yaitu
Char Kuey Teow, Nasi Kandar, Asam Laksa, dan Hokkien Mee. Menarik bukan pilihan kulinernya. Ini hanya beberapa kuliner yang paling terkenal di Penang. Selain beberapa makanan tersebut masih banyak lagi makanan dan minuman yang dapat Anda cicipi di sini. Terutama bagi Anda yang ingin menjelajahi Penang menggunakan lidah Anda sebagai panduan. Pastinya Anda akan dimanjakan dengan banyaknya jajanan yang dapat dibeli dengan mudah dan murah di pinggir jalan di Penang, Malaysia.

Keindahan Alam dan Budaya Penang
Di Penang ada tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi antara lain: Yi Bin, The Mansion of Tea Art ini adalah rumah seni minum teh. Pantai Batu Feringghi yang sangat terkenal dengan pasar malam. Penang Hill adalah bukit yang letaknya berada 830 m di atas permukaan laut. Tempat-tempat semacam ini belum tentu dapat kita temukan di Indonesia atau di kota tempat tinggal kita. Cukup terbang sebentar dari Indonesia ke Penang, Malaysia dengan biaya penerbangan yang terjangkau yang disediakan oleh beberapa maskapai penerbangan. Jangan lupa membeli tiket saat promo atau ketika tidak musim liburan yang harganya jauh lebih terjangkau.