[ ] Phone : (022) 278 5154 | [ ] Mobile : 082 128 575 785

15 Wisata Kuliner Semarang Wajib Dicoba

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

15 Wisata Kuliner Semarang Wajib Dicoba

15 Wisata Kuliner Semarang Wajib Dicoba, Liburan ke Semarang menawarkan pengalaman mengesankan. Untuk Anda yang ingin menyantap sajian kuliner tradisional dengan balutan gemerlap kota, berikut ulasan rekomendasi wisata kuliner Semarang wajib Anda coba.

  1. Bakmi Jawa Pak Gareng

Wisata Kuliner Semarang

Olahan mie jadi sajian kuliner paling banyak digemari banyak masyarakat. Jika Anda ingin berburu mie di Semarang, ada Bakmi Jawa Pak Gareng yang cocok jadi tempat makan. Bakmi Jawa Pak Gareng layani konsumen mereka tiap hari, tepat setelah matahari terbenam.

Hidangan andalan  kuliner Semarang berupa sajian mie cita rasa Jawa. Variasi mienya ada bakmi kuah dan juga bakmi goreng.Selain bakmi andalan, tempat ini menawarkan menu nasi ruwet. Berbentuk nasi goreng dicampur mie dengan sate ayam ataupun sate kambing, menu alternatif ini tidak kalah lezatnya. Bakmi Jawa Pak Gareng lokasinya tepat di Jalan Wotgandul Dalam No. 173, Gabahan, Semarang Tengah.

  1. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Mangut Welut Warung Bu Nasima

Belut adalah jenis ikan yang dagingnya paling gurih. Ikan kaya gizi ini mudah diolah. Makanan ini bisa dinikmati dengan di goreng atau diolah dengan santan. Dan orang sering menyebutnya mangut. Penyedia mangut terkenal di Semarang adalah Warung Bu Nasima. Untuk membuktikan kelezatan kuliner ini, Anda dapat bergegas ke Jalan Menoreh No. 10, Sampangan, Gajahmungkur.

  1. Tahu Gimbal Pak Edy

Tahu Gimbal Pak Edy

Tahu Gimbal sudah terkenal jadi kuliner favorit Semarang. Kunjungan Anda belum lengkap, jika belum menikmati olahan tahu campur udang ini. Alamatnya dekant taman Keluarga Berencana (KB).

Anda dapat menikmati kenikmatannya sore hingga malam hari.Tahu gimbal sendiri isinya campuran irisan lontong, sayur kol, telur, tauge serta taburan bawang goreng dan kerupuk. Tahu Gimbal Pak Edy disajikan bumbu kacang encer dan juga banyak, sehingga kenikmatannya merata. Kalau suka pedas, di sini Anda juga dapat memesan tingkat kepedasan sesuai keinginan Anda.

>> Klik Promo : Paket Wisata ke Jogja dari Bandung 

  1. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok

Semarang identik dengan lumpia. Saat singgah di Semarang, pasti Anda berburu kuliner Semarang ini. Sebelum Anda bungkus untuk buah tangan keluarga, nikmati dulu di Lumpia Siem Swie Kiem.Nama bekennya Lumpia Gang Lombok, sebab lokasinya di Gang Lombok No. 11, Kauman, Semarang Tengah. Tempat wisata kuliner ini sangat dekat Klenteng Tay Kak Sie, sehingga tidak sulit menemukannya.

Lumpia Gang Lombok mendapat tempat istimewa di hati pecinta kuliner Semarang sebab rasa rebungnya tak dominan. Porsinya cukup besar dan dapat dimakan 2 orang sekaligus jadi dapat lebih hemat.Meskipun buka pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore, Lumpia Gang Lombok dapat tutup cepat jika pelanggannya berlimpah. Jangan heran jika Anda antre sampai 1 jam.

  1. Warung Makan Asem-asem Koh Liem

Warung Makan Asem-asem Koh Liem

Asem-asem merupakan kuliner berbahan daging sapi dipotong dadu, kuah bening kecokelatan. Belimbing wuluh adalah bumbu utama, asem-asem diolah bersama cabai jadi menghasilkan rasa asam serta pedas yang menyegarkan. Tempat kuliner terbaik untuk merasakan segarnya asem-asem, di Warung Makan Koh Liem.

Lokasinya di Jalan Karanganyar No. 28/C4, Gabahan, Semarang Tengah. Warung Makan Asem-Asem Koh Liem dapat melayani Anda tiap hari, mulai jam 9.00 hingga jam 19.00 WIB.Selain sajian ini, warung ini juga memiliki banyak jenis kuliner lainnya, misalnya kikil lombok ijo, nasi langgi, dan juga bandeng sarden yang sangat Indonesia. Ada pula menu khas Tionghoa, contohnya lontong Cap Gomeh, capcai, olahan daging babi, udang, dan juga daging kodok.

  1. Waroeng Semawis

waroeng semawis

Wisata kuliner Semarang satu ini hanya buka malam hari saja. Antusias pecinta wisata kuliner Semarang terlihat jelas saat mereka meramaikan Waroeng Semawis di malam akhir pekan. Pilihan makanan  di sini ada nasi gudeg, nasi pindang, sate sapi, dan juga hidangan seafood. Sementara pilihan minumannya, Anda dapat mencicipi wedang ronde serta aneka teh dengan banyak merek tempo dulu.

  1. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik

Ada banyak rasa yang bisa anda pilih, seperti es puter, sirsak, cokelat, kelengkeng dll. Pilih sesuai selera Anda sebab semua rasanya menawarkan kelezatan yang tak berbeda. Porsi es puter disajikan tidak begitu besar, namun cukup dengan komposisi 1-2 scoop es krim.

Asal mula nama Cong Lik yaitu berasal dari akronim “Kacung Cilik” yang memiliki arti “pembantu kecil”. Nama ini digunakan sebab sang pemilik, Pak Sukimin, pernah jadi pelayan orang Jepang di masa muda. Dia dikenal sebagai pekerja ulet dan lincah saat berjualan es keliling di kawasan Mataram dan juga Pecinan. Sekarang penjualan es puter dilanjutkan generasi kedua Pak Sukimin, yaitu Pak Imam Suwarto. Anda dapat membeli Es Puter Cong Lik di Jalan K.H. Ahmad Dahlan A No.11, Karangkidul, Semarang Tengah.

  1. Mie Siang Kie

Mie Siang Kie

Kedai mie ini sudah berdiri sejak zaman Belanda, memiliki menu andalan mie pangsit. Satu porsi disajikan dengan serpihan telur dadar, pangsit rebus isi daging babi, irisan tipis daging ayam, tahu bakso, bakso ikan dan juga kekian udang. Disajikan lengkap dengan kuah kaldu isi sawi hijau, kelezatan Mie Siang Kie tak perlu diragukan. Buka tiap hari pukul 08.30 hingga 16.30, kedai ini selalu padat, terutama warga keturunan Tionghoa.

  1. Pisang Plenet

Pisang Plenet

pisang bakar yang dibentuk pipih lalu diberikan toping pilihan seperti keju, cokelat, selai stroberi, serta kacang dan selai nanas. Penyedia kuliner Pisang Plenet ini bisa Anda temukan di tiga lokasi. Masing-masing lokasinya di seberang Mal Sri Ratu Pemuda, Jalan Gajah Mada, dan juga Pasar Semawis. Kuliner ini sudah ada sejak 1960an loh. Saat ini Pisang Plenet dikelola generasi kedua Pak Tuko. Namanya Pak Turdi.

  1. Soto Bangkong

Soto Bangkong

Kuliner soto adalah sajian yang relatif gampang ditemukan di beberapa kota di Indonesia, demikian juga ketika Anda mengunjungi Semarang. Tempat soto paling terkenal yang ada di Semarang yaitu Soto Bangkong. Tempat kuliner Semarang ini melayani pembeli sejak 1950an. Meskipun namanya sendiri adalah soto bangkong, soto ini tak ada daging kataknya (bangkong). Nama bangkong diambil dari nama jalan tempat jualan. Lokasi ini namanya Jalan Brigjen Katamso No. 1, Peterongan, Semarang Selatan.

  1. Bebek Goreng Pak Thori

Bebek Goreng Pak Thori

Sajian bebek goreng tak kalah enaknya dari ayam goreng. Saat ini dua-duanya sama-sama diminati, terbukti dari pemburu wisata kuliner bebek rela mencari hingga jauh untuk merasakan kelezatannya.

Namun tahan dulu penilaian Anda hingga gigitan kedua sebab daging bebeknya sangat lembut serta empuk. Bumbunya sangat meresap ke daging. Pilih sambal hijau pedas ataupun sambal merah demi menemani nikmatnya santapan bebek Anda. Satu porsi bisa Anda beli seharga Rp25.000. Selain bebek, ada menu lain yang dapat Anda cicipi yaitu ayam goreng, lele goreng, serta nasi goreng. Semuanya disajikan berserta sambal dengan tingkat kepedasan dapat Anda pilih sesuai keinginan.

  1. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok Pak Dhuwur

Ada tempat kuliner Semarang lain yang tak kalah tua serta melegenda yaitu Mie Kopyok Pak Dhuwur. Jika kereta Anda sampai di Stasiun Semarang Poncol, segera ke lokasi Mie Kopyok Pak Dhuwur. Tempatnya  di Jalan Tanjung No. 18A, Sekayu, Semarang Tengah, tak jauh dari stasiun. Secara umum Sekayu ini dipadati banyak sekali tempat makan. Namun Mie Kopyok Pak Dhuwur jadi pilihan terbaik. Anda langsung paham saat menemukan keramaian yang mencolok dibanding warung makan di sekitarnya.

Siraman kuah kecokelatan dapat memperkuat kelezatan khasnya.Anda dapat menyantap mie kopyok, dengan harga Rp18.000, bersama kerupuk beras. Kalau Anda penyuka makanan pedas, Anda juga dapat tambahkan sambal kacang yang juga ada rasa khas. Buktikan sendiri kenikmatannya, buka sejak pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore.

  1. Kue Leker Paimo

Kue Leker Paimo

Selain lumpia, kota Semarang juga ada jajanan lezat cita rasa manis yaitu kue leker. Kue yang ada sejak zaman belanda ini bentuk nya seperti martabak.

Tempat kuliner Semarang ini menyediakan jajanan ringan yang dapat jadi kudapan favorit saat menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga. Kue Leker Paimo menyediakan beberapa pilihan rasa, misalnya cokelat, keju, stroberi, pisang, kacang, sampai rasa pedas. Lokasinya di Jalan Karanganyar No. 37, Brumbungan, Semarang Tengah.

  1. Nasi Goreng & Gongso Babat Pak Karmin

Nasi Goreng & Gongso Babat Pak Karmin

Nasi Goreng Babat Pak Karmin yang dikenal juga sebagai Nasi Goreng Babat Mberok adalah kuliner Semarang yang legendaris. Pak Karmin membuka usahanya sejak 1954, berjualan di alun-alun. Kemudian tahun 1971, pindah ke samping jembatan Mberok. Saat ini usahanya dilanjutkan generasi kedua yaitu Pak Suhari.  Tempatnya sederhana, tapi kelezatannya tak perlu diragukan.

Disajikan dengan alas daun pisang serta potongan telur plus acar timun, Anda dapat memilih berbagai campuran nasi goreng contohnya ati, babat, limpa, paru serta lainnya. Babat gongso sendiri adalah sajian isinya potongan babat dan juga jeroan dimasak sampai empuk disajikan bersama bumbu kecap.

  1. Rumah Makan Kampung Laut

Rumah Makan Kampung Laut

Menghabiskan liburan di Kota Semarang dengan pasangan, semakin berkesan kalau Anda memilih tempat kuliner yang romantis. Yang wajib dicoba yaitu Rumah Makan Kampung Laut. Menu andalan di sini adalah olahan seafood. Apabila memiliki pantangan dengan seafood, Anda dapat ganti dengan menu olahan ayam dan iga sapi. Nikmati sensasi makan malam romantis di tengah danau.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Testimoni Pelanggan Java Wisata

Bpk Harisman
Bpk HarismanSurabaya
Read More
Alhamdulillah tour berjalan lancar, overall kami puas dengan pelayanannya..Saya akan rekomendasikan ke teman..Insha Allah next time kalo ada rejeki pengen lagi, klo bisa GP Thailand.
Ibu Ayu
Ibu Ayu Bandung
Read More
Pelayanan Java Wisata buat kerjasama pertama kali bisa sy nilai memuaskan, Malah sdh ada yg tanya dari Sumedang, katanya mau ke Bali/Thailand buat bendahara2 puskesmas, nanti sy kasih kontak bpk.
Amelia
Amelia Jakarta
Read More
Kita Puas Banget, Klo boleh dibilang beda banget sama terakhir qt pake agent lain pas ke Singapore bln kmrn. Heheh..mudah2n bs memperpanjang silaturahmi sama Java Wisata ya mas..
Previous
Next

Best Deal Java Wisata 2019

tour thailand murah

Promo Paket Tour Thailand 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Makan, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

tour malaysia murah

Promo Paket Tour Malaysia 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

Promo Paket Tour Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Transport, Tour, Tiket )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

tour promo singapore

Promo Paket Tour Singapore
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Transport, Tour, )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

Close Menu
Call : 0222785154
Chat Whatsapp