Bangunan Belanda Karya Schoemarker

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

Bangunan Belanda Karya Schoemarker

Bangunan Belanda Karya Schoemarker – Di Indonesia tercatat ada 68 gedung hasil rancangan Schoemarker. Dengan nama lengkap C.P. Wolff Schoemaker, ia sukses membuat karyanya lestari bahkan sampai saat ini. Keahliannya adalah kemampuan untuk menyesuaikan bentuk bangunan dengan iklim tropis di Indonesia. Beliau juga mempunyai ciri khas bentuk simetris di setiap rancangannya.

Inilah Bangunan Belanda Karya Schoemarker, Yuk disimak!

  • Hotel Preanger

Awalnya, Hotel ini merupakan guest house untuk para Preanger Planters yang berkunjung ke Kota Bandung dan desainnya pun berbeda seperti sekarang. Namun pada tahun 1928, hotel ini pun direnovasi oleh Schoemarker dan dibantu oleh Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang merupakan muridnya. Hotel ini kini menjadi Hotel Bintang 5 di Bandung, tepatnya di Jl. Asia Afrika No.81, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

  • Gedung merdeka

Gedung ini merupakan gedung yang dahulu dipakai untuk KAA, mengingatkan bahwa negeri ini begitu besar di mata dunia. Bersama dengan Van Galen Laat, Beliau merancang gedung ini dengan gaya Art Deco.  Sekarang, gedung ini menjadi sebuah museum untuk para pelajar yang sedang study tour di Bandung.  Terletak lumayan dekat dengan Alun-alun Bandung.

Lihat juga: Wisata bergaya Vintage di Indonesia

  • Bossccha

Terletak di Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, bangunan ini sekarang merupakan tempat penelitian, pendidikan, dan pengembangan ilmu astronomi di Indonesia. Dibangun pada tahun 1925 – 1927. Pertama kali di publikasikan pada tahun 1933, namun observasi di gagalkan karena Perang Dunia ke II dan mengalami rusak besar-besaran. Pada akhirnya, bangunan ini kembali direnovasi dan menjadi bagian dari ITB sampi sekarang.

  • Masjid Cipaganti

Arsitektur ini di desain dengan tampilan jawa-eropa, Corak Jawa pada masjid itu terlihat dari penggunaan atap tajug tumpang dua. Sementara corak Eropa, terlihat dari pemakaian kuda-kuda segi tiga yang berfungsi untuk penyangga atap. Masjid Raya Cipaganti juga pernah dijadikan markas tentara Pembela Tanah Air (PETA). Masjid ini juga sudah direnovasi beberapa kali, namun meski begitu, pihak yang merenovasi tidak mengubah tatanan interior masjid tersebut sejak 1933.

Baca Juga: Wisata terbengkalai yang menarik untuk dikunjungi!

  • Villa Isola

Villa ini dibangun pada tahun 1933 dengan luas 120.000 meter persegi. Villa ini sebenarnya merupaka Villa Pribadi seorang Indo-eropa, yaitu Dominic Willem Berretty. Kini, villa ini menjadi bagian dari Universitas pendidikan Indonesia dan digunakan sebagai Kantor Rektorat. Bentuk Villa Isola bahkan memiliki atap mendatar yang menabrak kebiasaan bentuk atap kerucut di bangunan.

Bentuk Atapnya merupakan solusi panasnya hawa di daerah tropis.

 

Nah, demikian artikel untuk hari ini. Tertarik untuk mengunjungi salah satu bangunan diatas?

Tunggu info lainnya ya! Sampai Jumpa!^^

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Testimoni Pelanggan Java Wisata

Bpk Harisman
Bpk HarismanSurabaya
Read More
Alhamdulillah tour berjalan lancar, overall kami puas dengan pelayanannya..Saya akan rekomendasikan ke teman..Insha Allah next time kalo ada rejeki pengen lagi, klo bisa GP Thailand.
Ibu Ayu
Ibu Ayu Bandung
Read More
Pelayanan Java Wisata buat kerjasama pertama kali bisa sy nilai memuaskan, Malah sdh ada yg tanya dari Sumedang, katanya mau ke Bali/Thailand buat bendahara2 puskesmas, nanti sy kasih kontak bpk.
Amelia
Amelia Jakarta
Read More
Kita Puas Banget, Klo boleh dibilang beda banget sama terakhir qt pake agent lain pas ke Singapore bln kmrn. Heheh..mudah2n bs memperpanjang silaturahmi sama Java Wisata ya mas..
Previous
Next

Best Deal Java Wisata 2021

offroad bandung

Promo Wisata Offroad Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Tiket Masuk, Landy, Makan, Crew, Asuransi )
Minimal 4 orang
Bisa Berangkat kapan aja

Promo Rafting Bandung 
Fasilitas Lengkap ( All Equipment, Asuransi, Makan, Crew )
Minimal daftar 4 orang
Bisa Berangkat kapan aja

Promo Paket Outbound Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Program, Equipment, Makan )
Minimal 30 orang
Bisa Berangkat kapan aja

Promo Paket Tour Bandung
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Transport, Makan, Tiket Objek )
Minimal 2 orang
Bisa Berangkat kapan aja