[ ] Phone : (022) 278 5154 | [ ] Mobile : 082 128 575 785

Dampak Virus Corona Terhadap Pariwisata Indonesia

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

Dampak Virus Corona Terhadap Pariwisata Indonesia

Pariwisata Indonesia – Melemahnya industri pariwisata Indonesia akibat virus corona yang terjadi di berbagai negara juga terjadi di Indonesia. Beberapa destinasi wisata seperti Bali, Yogyakarta, Lombok  termasuk Jawa Barat mengalami penurunan pengunjung yang cukup drastis. 

Bali adalah salah satu destinasi yang paling terkena dampaknya. Wisatawan mancanegara adalah sumber pemasukan nomor satu dari Pulau Dewata tersebut. Terlebih, wisatawan dari Cina adalah penyumbang terbanyaknya.

Pada bulan Februari 2020, sebanyak 392.824 wisatawan datang ke Bali menurut Kantor Imigrasi Bali dan angka ini turun sebesar 33% sejak bulan Januari akibat virus corona. Jumlah wisatawan China ke Bali pun berkurang drastis.

Tahun 2019 lalu, sekitar 2 juta wisatawan China mengunjungi Bali sedangkan pada bulan Februari hanya ada sekitar 4 ribu wisatawan. Diperkirakan Bali akan sulit untuk mencapai target melebihi 2 juta pengunjung di tahun 2020 ini.

dampak virus corona terhadap pariwisata

Dampak Ekonomi di Sektor Pariwisata Jawa Barat

Hal serupa juga terjadi di Jawa Barat.  Penyebaran virus Corona (COVID-19) ikut berdampak pada sektor ekonomi di Provinsi Jawa Barat, terutama berpengaruh pada penurunan jumlah kunjungan wisatawan.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar mencatat, sejak Jawa Barat menaikkan status penanganan COVID-19 menjadi siaga satu. Jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat menurun sampai angka 5 persen. Kawasan metropolitan dinilai mendominasi okupansi penurunan itu.

“Ya (ada penurunan). Kurang lebih dari okupansi 5 persen. Ada penurunan terutama di kawasan metropolitan Bandung, kemudian juga ada di Bekasi dan Karawang,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik saat ditemui di Mason Pine, Padalarang, Jawa Barat, Rabu (11/3).

Agar jumlah wisatawan tidak terus menurun, Pemprov Jabar merancang beberapa strategi demi kestabilan kunjungan. Salah satunya, mendorong pengelola wisata untuk menghadirkan hiburan baru.

“Nah pendekatan kita, strateginya adalah melakukan langkah-langkah bagaimana mendatangkan wisnus (wisatawan nusantara). Kemudian juga membuat beberapa atraksi atau festival yang ada di kabupaten kota. Supaya menggeliatkan keberminatan pengunjung,” tambahnya.

Meski, Pemprov Jabar tetap siaga guna mengantisipasi penyebaran virus Corona yang berasal dari wisatawan dengan cara mengimbau pengelola menyiapkan alat pengukur suhu tubuh.

“Terutama dari Dinkes Daerah harus punya alat pendeteksi suhu tubuh berapa derajat dan sebagainya,” kata Dedi. (sumber : gatra.com).

dampak virus corona terhadap pariwisata

 

Indonesia Kehilangan 140 Triliun

Meski baru 3 bulan mewabah di Indonesia, namun dampak Corona begitu terasa dalam pariwisata Indonesia. Kehilangan devisa pun harus direlakan.

“Terkait angka kerugian, devisa dari sektor wisata tahun ini diperkirakan hilang sampai separuhnya dari tahun lalu. Hal ini dikarenakan kunjungan wisman yang juga menurun. Untuk angka kerugian pasti, sedang dihitung,” ujar Agustini Rahayu, Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kepada detikcom.

Jadi jika tahun lalu devisa dari wisata mencapai Rp 280 triliun maka tahun ini devisa hanya Rp 140 triliun saja.

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Testimoni Pelanggan Java Wisata

Bpk Harisman
Bpk HarismanSurabaya
Read More
Alhamdulillah tour berjalan lancar, overall kami puas dengan pelayanannya..Saya akan rekomendasikan ke teman..Insha Allah next time kalo ada rejeki pengen lagi, klo bisa GP Thailand.
Ibu Ayu
Ibu Ayu Bandung
Read More
Pelayanan Java Wisata buat kerjasama pertama kali bisa sy nilai memuaskan, Malah sdh ada yg tanya dari Sumedang, katanya mau ke Bali/Thailand buat bendahara2 puskesmas, nanti sy kasih kontak bpk.
Amelia
Amelia Jakarta
Read More
Kita Puas Banget, Klo boleh dibilang beda banget sama terakhir qt pake agent lain pas ke Singapore bln kmrn. Heheh..mudah2n bs memperpanjang silaturahmi sama Java Wisata ya mas..
Previous
Next

Best Deal Java Wisata 2019

tour thailand murah

Promo Paket Tour Thailand 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Makan, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

tour malaysia murah

Promo Paket Tour Malaysia 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

Promo Paket Tour Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Transport, Tour, Tiket )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

tour promo singapore

Promo Paket Tour Singapore
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Transport, Tour, )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

Close Menu
Call : 0222785154
Chat Whatsapp