Hirup Udara Segar di Wisata Tirta Gangga Bali

Tirta Gangga Bali, tour bali, wisata bali

Hirup Udara Segar di Wisata Tirta Gangga BaliObjek wisata Tirta Gangga dahulunya merupakan sebuah taman air Kerajaan Karangasem yang berada di daerah Bali Timur. Namun sekarang taman ini berfungsi sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi mayoritas wisatawan tempat ini adalah wisatawan asing.

Nama objek wisata Tirta Gangga ini berasal dari kata tirta yang artinya air suci dan gangga yang artinya sungai di India. Taman ari Tirta Gangga Karangasem ini dibangun pada tahun 1946 lalu. Oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung.

Komplek taman ini sebelumnya pernah hancur karena letusan Gunung Agung tahun 1963. Pemeritah Kabupaten Karangasem kemudian membangun kembali taman ini dan dibuat sebagai tempat wisatawan.

Objek wisata Tirta Gangga Bali terletak di Kabupaten Karangasem, Kabupaten Bali Timur. Terdapat tiga halaman utama di Taman Tirta Gangga ini yakni kebun kolam dan air dari patung. Lokasi dari taman ini berada di tengah area persawahan. Sumber mata air taman ini adalah mata air Rejasa.

Luas area wisata Tman Tirta Gangga ini sekitar 1,2 hektar. Dan memanjang dari arah timur hingga ke barat. Sampai sekarang taman ini masih milik Kerajaan Karangsem. Terdapat tiga tingakatan bangunan di taman ini. Bangunan tertinggi terdapat pada mata air yang ada di bawah pohon beringin. Bangunan kedua berada di kolam renang dan bangunan ketiga ada pada kolam hias dengan air mancur.

>> Baca juga : Pasti Nyesel Jika Tak Mampir Ke Mushroom Beach Bali

Ketika wisatawan memasuki area wisata Taman Tirta Gangga. Anda akan melihat keindahan hamparan air kolam dan sebuah candi yang berada di sebelah kanan.

Di dalam kolam air tersebut para wisatawan dapat melihat ikan hias dan dasar dari kolam. Air yang ada dit aman ini bukan berasal dari mata air biasa. Karena dianggap suci dan digunakan dalam upacara keagaaman daerah sekitar.

Mata Air Rejasa memang memiliki jumlah air yang sangat besar serta jernih dan menyegarkan tubuh. Sepertiga dari pasokan mata air Rejasa juga disalurkan kepada rumah-rumah penduduk di Kota Amlapura, sebagai ibu kota Karangasem. Dan dua pertiganya digunakan untuk mengisi air kolam dan untuk irigasi pertanian.

Untuk dapat memasuki wisata Taman Tirta Gangga kita harus membayar tiket masuk Rp 5.000,- per orang. Dan jika anda berenang maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 6.000,- per orang. Termasuk tiket masuk dan tambahan yang terjangkau sekali ya guys…

>> Promo wisata : Paket Wisata Bali 3 Hari 2 Malam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call : 0222785154
Chat Whatsapp