Keunikan Rumah Adat Tongkonan

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

Keunikan Rumah Adat Tongkonan

Keunikan Rumah Adat Tongkonan – Kita tentu tidak lupa, Indonesia merupakan negara dengan beribu – ribu suku dan bahasa, jadi tidak aneh jika di satu daerah ini, mereka punya keunikan masing – masing adat, suasana, dan bahasa masing – masing. Indonesia itu satu, namun berbeda – beda, itulah yang menjadi keunikan Negara Kesatuan, Negara Indonesia. Seperti salah satu rumah adat yang akan kita bahas hari ini, yaitu Rumah Adat Tongkonan yang berada di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Penasaran? Yuk di simak baik – baik!

Rumah Adat Tongkonan merupakan rumah adat suku Tana Toraja. Diturunkan turun termurun oleh leluhur untuk dijadikan tempat tinggal dan tempat yang religius/ kegiatan sosial keluarga turunan Suku Tana Toraja. Kata Tongkonan berasal dari kata Tongko, yang artinya menduduki/tempat duduk.

Dengan penampakan seperti rumah panggung ditambah bentuk atapnya yang nyentrik, Rumah Adat ini menjadi pusat objek wisata yang unik bagi wisatawan lokal maupun luar. Tidak hanya itu, Rumah Adat ini juga menjadi bukti bahwa Indonesia itu kaya akan adat istiadat dari para leluhur.

Lihat juga: Bangunan Belanda Karya Schoemarker

Rumah Adat Tongkonan ini dibangun tidak dengan kayu yang sembarang, melainkan oleh Kayu Uru, tanaman yang tumbuh di Pulau Sulawesi ini memiliki bahan yang kuat sehingga Rumah Adat Tongkonan bisa bertahan ratusan tahun. Lalu untuk bentuk atap yang lancip seperti perahu, menjadi ciri khas rumah adat ini. Bentuk perahu itu dibuat sebagai pengingat bahwa para leluhur pernah menggunakan perahu untuk mencapai Pulau Sulawesi ini.

Yang menjadi keunikan ciri khas lain Rumah Adat ini dalah patung tanduk kerbau yang terletak di bagian tiang dan berjajar rapi ke bawah. Jumlah tanduk tersebut menandakan status ekonomi di keluarga yang mendiami rumah itu. Semakin banyak tanduk yang terpasang, maka semakin tinggi juga derajat keluarga tersebut.

Baca juga: Wisata terbengkalai yang menarik untuk dikunjungi!

Meski rumah ini kelihatannya besar, namun nyatanya luas bangunan di dalam kecil. Rumah ini bahkan bisa menjadi kandang banteng ataupun lumbung padi dan umumnya rumah ini saling berhadapan ke Utara dan Selatan dengan Alang Sura yang juga menggambar Seorang Suami Istri.

Rumah Tongkonan ada tiga jenis, yaitu Tongkonan Layuk yaitu tempat kekuasaan tertinggi sebagai tempat pemerintahan, Tongkonan Pekamberan yaitu adalah rumah milik anggota keluarga yang berwenang dalam adat dan tradisi lokal, lalu Tongkonan Batu Ariri, yaitu sebuah rumah yang hanya dimiliki oleh orang biasa.

 

Baiklah demikian informasi Keunikan Rumah Adat Tongkonan. Bagaimana? Apa anda sudah tahu tentang Rumah Adat ini? Atau anda belum tahu sama sekali?

Tunggu informasi lainnya ya! Sampai jumpa!^^

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Testimoni Pelanggan Java Wisata

Bpk Harisman
Bpk HarismanSurabaya
Read More
Alhamdulillah tour berjalan lancar, overall kami puas dengan pelayanannya..Saya akan rekomendasikan ke teman..Insha Allah next time kalo ada rejeki pengen lagi, klo bisa GP Thailand.
Ibu Ayu
Ibu Ayu Bandung
Read More
Pelayanan Java Wisata buat kerjasama pertama kali bisa sy nilai memuaskan, Malah sdh ada yg tanya dari Sumedang, katanya mau ke Bali/Thailand buat bendahara2 puskesmas, nanti sy kasih kontak bpk.
Amelia
Amelia Jakarta
Read More
Kita Puas Banget, Klo boleh dibilang beda banget sama terakhir qt pake agent lain pas ke Singapore bln kmrn. Heheh..mudah2n bs memperpanjang silaturahmi sama Java Wisata ya mas..
Previous
Next

Best Deal Java Wisata 2019

tour thailand murah

Promo Paket Tour Thailand 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Makan, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

tour malaysia murah

Promo Paket Tour Malaysia 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

Promo Paket Tour Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Transport, Tour, Tiket )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

tour promo singapore

Promo Paket Tour Singapore
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Transport, Tour, )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )