[ ] Phone : (022) 278 5154 | [ ] Mobile : 082 128 575 785

Oleh-Oleh Khas di Kalimantan Utara

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

Oleh-Oleh Khas di Kalimantan Utara

Oleh-Oleh Khas di Kalimantan Utara – Berangkat menuju Kalimantan, sebuah pulau di Indonesia dengan luas 743.330 km2 ini dibagi menjadi 5 Provinsi, yaitu Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Namun pada kesempatan ini, kita akan mengulik oleh-oleh Khas Kalimantan Utara nih! Inilah beberapa oleh-oleh Khas di Kalimantan Utara. Yuk disimak!

Kalimantan Utara ini bisa dibilang provinsi yang masih muda karena provinsi ini baru diresmikan tahun 2012 yang lalu dengan ibu kota Tanjung Selor yang juga diresmikan menjadi Ibu Kota Kalimantan Utara pada tahun 2015. Oleh karena itu, wisata disini masih belum berkembang dan diketahui oleh orang-orang. Budaya Dayak disana masih sangat kental dan suasana disana cenderung tenang. Makin cocok gak tuh buat kalian si Introvert?

Ya, wisatanya juga masih jarang banyak orang, apalagi oleh-oleh khas nya dong, kan? Oleh-oleh yang nggak ada di sembarang tempat kecuali Tanjung Selornya itu sendiri. Inilah oleh-oleh khas Kalimantan Utara, simak yuk!

  • Lawa

Lawa merupakan rumput laut dan timun panjang. Ditambah dengan sayuran segar, bumbu kelapa sangrai, dan udang. Kudapan Khas ini biasa dibuat untuk mengganjal perut dan juga favorit orang local disana. Mudah untuk dibuat emang, tapi mau gimana pun juga, pasti lebih enak yang bikinnya orang sana kan?

  • Tudai

Tudai merupakan nama sebuah kerang yang hidup dipesisir laut Kalimantan Utara. Tudai memiliki daging yang tebal dan sehat untuk dikonsumi, jadi tidak aneh jika orang-orang disana menangkap Tudai untuk menjadi pendamping nasi, apalagi diracik dengan bumbu sambal merah, makin apdol deh! Kuliner ini biasanya ada di acara-acara tertentu, misalnya acara pernikahan dan lainnya disana. Tapi tenang aja, masakan ini ada kok dikedai disana, jadi anda tidak perlu datang ke acara hajatan hanya untuk mencicipi Masakan Tudai ini hhe.

Baca juga: Cari Oleh-oleh ? Wajib Belanja di Pasar Sukawati Bali.

  • Kepiting Soka/ Abon Kepiting Soka

 

Kepiting Soka ini tidak seperti kepiting lainnya. Kenapa? Karena kulitnya tidak keras, melainkan sangat lunak sehingga anda tidak perlu repot-repot membuka cangkangnya. Rasanya pun lebih nikmat apalagi kepiting itu merupakan hewan laut yang kaya akan gizi. Di Kalimantan Timur ini, biasanya Kepiting Soka dimasak dengan cara di tumis bersama saus asam manis. Namun, membawa Masakan Kepiting Soka ini kembali sebagai oleh-oleh sangat tidak saya sarankan, karena ribet gais hhe. Mending bawa abon kepitingnya aja karena rasanya tidak jauh beda seperti masakan kepiting soka asli.

Simak juga: 6 Tempat Oleh – Oleh Khas Lembang

  • Dodol Cempedak dan Rumput Laut

Mengingat tentang lokasi Kalimantan Utara yang berada di sebelah Utara Pulau Kalimantan, sudah terlihat jelas bahwa Kalimantan Timur ini pasti yang menguasai pantai Utara disana, dan tidak aneh pula jika kebanyakan olahan masakannya merupakan kekayaan hasil alam laut. Salah satunya Dodol Cempedak ini atau kata orang lokal sana sering menyebutnya Lempok Cempedak dan Lempok rumput laut ( Lempok = dodol ). Cempedak ini merupakan keluarga dari buah nangka dan durian, jadi bisa kebayang kan rasanya? Namun pernahkan kah kau membayakan dodol rasa rumput laut? Kalau belum, maka Kalimantan Timur harus menjadi rencana perjalanan anda selanjutnya.

 

Sebenarnya masih banyak makanan khas disana, seperti Nasi Udang, Nasi Subut, Sate Ikan Pare, Ikan Asin Richa, dan lain-lain. Jadi apakah anda berniat ke Kalimantan Utara untuk mecicipi Lawa dan kawan-kawan?

Demikian artikel hari ini. Tunggu Info lainnya ya! Sampai jumpa!^^

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Testimoni Pelanggan Java Wisata

Bpk Harisman
Bpk HarismanSurabaya
Read More
Alhamdulillah tour berjalan lancar, overall kami puas dengan pelayanannya..Saya akan rekomendasikan ke teman..Insha Allah next time kalo ada rejeki pengen lagi, klo bisa GP Thailand.
Ibu Ayu
Ibu Ayu Bandung
Read More
Pelayanan Java Wisata buat kerjasama pertama kali bisa sy nilai memuaskan, Malah sdh ada yg tanya dari Sumedang, katanya mau ke Bali/Thailand buat bendahara2 puskesmas, nanti sy kasih kontak bpk.
Amelia
Amelia Jakarta
Read More
Kita Puas Banget, Klo boleh dibilang beda banget sama terakhir qt pake agent lain pas ke Singapore bln kmrn. Heheh..mudah2n bs memperpanjang silaturahmi sama Java Wisata ya mas..
Previous
Next

Best Deal Java Wisata 2019

tour thailand murah

Promo Paket Tour Thailand 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Makan, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

tour malaysia murah

Promo Paket Tour Malaysia 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

Promo Paket Tour Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Transport, Tour, Tiket )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

tour promo singapore

Promo Paket Tour Singapore
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Transport, Tour, )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

Close Menu
Call : 0222785154
Chat Whatsapp