Pura Lingsar Ceritakan Sejarah Masa Lampau Lombok

Pura Lingsar Lombok, tour lombok, wisata lombok

Pura Lingsar Ceritakan Sejarah Masa Lampau LombokPura Lingsar terletak di daerah Lombok Barat, tepatnya berada di Desa Lingsar. Pura ini memang merupakan pura terbesar yang ada di Lombok.

Dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Sehingga tak heran lagi jika pura ini selalu menjadi simbol kepercayaan yang sering digunakan sebagai tempat menyelenggarakan berbagai upacara keagamaan.

Jika sedang berkunjung ke Lombok Barat tak ada salahnya jika anda mampir ke Pura Lingsar. Pura terbesar di Lombok ini telah ada sejak tahun 1741 lalu dan dibangun oleh Ketut Karang asem. Pura ini adalah wujud federasi antara nilai ajaran Hindu dengan Islam Wete Telu.

Sehingga terdapat latar ekor yang menjadi dua tarik unggul Pura Lingsar. Karena itulah pura ini juga dibagi ke dalam dua wilayah. Yakni wilayah Hindu Gaduh bagian utara dan Pura Weku Teku bernama Kemaliq bagian selatan.

Pura Lingsar memiliki luas area 26 hektar. Di dalam pura ini anda akan mendapatkan keharmonisan antara ajaran Islam dengan India. Pura ini masih sangat terawat dan juga bersih. Di Pura Lingsar juga masih berfungsi tempat ibadah dari kedua ajaran tersebut. Dan setiap satu tahun sekali terdapat acara ritual.

>> Baca juga : Telusuri Fakta Sejarah di Taman Mayura Lombok

Adapun para wisatawan yang datang ke Pura Lingsar. Harus mengenakan selendang berwarna kuning yang diikatkan pada pinggang. Sebagai wujud simbol penghormatan karena di tempat ini masih terdapat tanda menditeksi keperawanan pura Lombok.

Wilayah Pura Lingsar ini dapat anda kunjungi untuk menikmati wisata sejarahnya sambil menikmati panorama indah. Tentu anda dapat merasakan nuansa yang lebih religius, tenang dan mengingatkan pada masa lampau.

Di Pura Lingsar ini terdapat sebuah tempat yang dibangun untuk menghormati Desa Whisnu. Empang atau kolam ini memiliki luas sekitar 6.230 meter persegi. Kolam ini dinamakan sebagai  Telaga Ageng.

Di dalam Telaga Ageng tersebut terdapat banyak sekali ikan yang unik. Ikan tersebut jika tidak dipanggil maka tak akan keluar dengan tak menampakan diri. Maka ikan tersebut akan muncul jika ada yang memanggil saja. Untuk memanggilnya anda dapat menggunakan telur ayam matang yang dilemparkan kedalam kolam dan akhirnya ikan-ikan akan keluar.

Telaga Ageng ini juga memiliki sembilan pancuran unik. Karena airnya memancar ke dalam kolam tersebut. Jika ingin mengetahui banyak hal yang unik di pura ini. Dan saksikan berbagai macam ritual atau upacara adat yang menarik di Pura Lingsar.

>> Lihat juga : Paket Tour Lombok 3 Hari 2 Malam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call : 0222785154
Chat Whatsapp