Pura Luhur Batukaru Sajikan Pesona Alam yang Mempesona

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

Pura Luhur Batukaru Sajikan Pesona Alam yang Mempesona

Pura Luhur Batukaru Sajikan Pesona Alam yang Mempesona. Wisata Pura Luhur Batukaru di Penebel Tabanan Bali merupakan suatu tempat wisata yang berada di Jalan Raya Batukaru, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali.

Wisata Pura Luhur Batukara di Tabanan adalah tempat wisata yang terbilang ramai dengan kunjungan wisatawan dalam setiap harinya.

Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah sehingga memberikan sensasi berbeda nan sejuk disini.

Wisata Pura Luhur Batukaru menyuguhkan pesona keindahan alam yang sangat menarik dan wajib dinikmati. Sangat sayang sekali jika ada berada di Kota Tabanan dan tidak mampir kesini, pasti bayang-bayng keindahan alan Pura luhur Batukaru akan selalu menganggu.

Keindahan di tempat ini memang sangat apik entah itu dipandang dari kejauhan atau dari dekat. Pemandangan alam yang hijau dan segar dijamin mampu menumbuhkan semangat dan inpirasi anda.

Pura Luhur Batukaru Sajikan Pesona Alam yang Mempesona

Daya Tarik Wisata Pura Luhur Batukaru

Wisata Pura Luhur Batukaru di Penebel ini adalah tempat wista yang wajib masuk ke dalam list liburan anda. Selain disughkan dengan pemandangan yang luar biasa indah dan asri penduduk lokal di daerah ini juga sangat beramah tamah terhadap wisatawan yang datang. Kota Tabanan sendiri adalah kota yang terkenal dengan Wisata Pura Luhur Batukaru ini  sangat dan patut untuk di kunjungi.

Wisata Pura Luhur Batukaru adalah tempat suci bagi umat Hidu yang berada di lereng Gunung Batukaru, Bali.

Selain untuk tempat beribadah yang begitu disucikan masyarakat, Pura ini juga digunakan sebagai sarana pariwisata yang menawarkan nuansa damai, tenang dan segarnya udara pegunungan. Kemuningkan besar nama Pura ini diambil dari nama sebuah Gunung Batukaru sendiri.

Kemungkinan sebelumnya Pura Batukaru ini telah dijadikan sebagai tempat pemujaan dan tempat bertapa oleh para tokoh spiritual yang ada di daerah Tabanan dan Bali umumnya.

Pandangan tersebut berdasarkan penemuan dari sumber-sumber air dengan berbagai jenis arca Pancuran.

Dengan adanya sumber-sumber mata air tersebut maka dapat disimpulkan bahwa daerah ini pernah dijadikan sebagai tempat untuk bertapa bagi petapa atau wanaprastin untuk memperoleh kedamaian dalam hidupnya.

Upacara Piodalan atau Pujuwali ini biasa digelar pada hari kamis, satu hari setelah hari Raha Galungan.

Suatu hal yang unik lagi di Pura Luhur Batukaru dalah ketika proses pacara dilaksanakan dan upacara besar lainnya tidak pernah dipimpin oleh pendeta.

Upaara biasanya dipimpin oleh seorang pemangku yang disebut dengan Jero Kabayan.

Pura Luhur Batukaru Sajikan Pesona Alam yang Mempesona

Upacara Piodalan di Wisata Pura Batukaru

Upacara atau Pajuwali di pura ini diperingati setiap 210 hari yakni pada hari Kamis, Wuku Dungulan dalam Kalender Bali, satu hari setelah Hari Raya Galungan.

Satu hal unik dan menarik di Pura Luhur Batukaru adalah ketika proses upacara dan upacara besar lainnnya tidak pernah dipimpin oleh pendeta.

Upacara hanya dipimpin oleh pendeta atau pedanda saja. Upacara juga hanya dipimpin oleh pemangku yang biasa disebut dengan Jero Kubayann.

Bagi mereka yang ingin beribadah di Pura Luhur Batukaru sangat dianjurkan terlebih untuk beribadah di Jero Taksu. Pura Jero Taksu ini berada cukup jauh dari lokasi Pura Batukaru.

Tujuan bersembahyang di Pura Jero Taksu sendiri adalah untuk memohon agar proses ibadah dilakukan nanti di Pura Luhur Batukaru akan mendapatkan keberhasilan tanpa kendala apapun.

Pura Luhur Batukaru Sajikan Pesona Alam yang Mempesona

Fasilitas Wisata Pura Luhur Batukaru

Objek wisata Pura Luhur Batukaru dapat dibilang sebagai objek wisata religi dan bersejarah. Sedangkan beberapa fasilitas wisata untuk pengunjung yang telah disediakan oleh pihak pengelola diantaranya seperti berikut.

  • Hotel
  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Kamar mandi
  • Rumah makan beragam menu
  • Toko souvenir unik
  • Tempat untuk istirahat

Transportasi Menuju Wisata Pura Luhur Batukaru

Bagi wisatawan yang berasal dari Kota Tabanan tak akan dibuat bingung lagi untuk menuju lokasi. Namun bagi wisatawan di luar daerah maka mereka dapat menggunakan sarana trasnportasi yang telah disediakan.

Anda dapat menuju lokasi wisata ini dengan mengendarai motor atau mobil pribadi. Namun untuk anda yang menggunakan trasnportasi umun dapat menggunakan bus umum atau angkutan lain dan berhentilah di Desa Wongaya Gede.

Setelah melanjutkan dengan ojek atau kendaraan pribadi anda dapat melanjutkan perjlaanna ke Jalan Raya Batukaru hingga tiba ke lokasi wisata Pura Luhur Batukaru di daerah Penebel, Tabanan, Bali.

Lokasi Wisata Pura Luhur Batukaru

Wisata Pura Luhur Batukaru seperti yang telah ditulis di atas, terletak di Jalan Raya Batukaru, Desa Wonghaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan Bali.

Namun jika anda masih kebingungan dalam mencari lokasi wisata ini sebaiknya gunakan Google Maps dan ketik Wisata Pura Luhur Batukaru di Penebel Tabanan Bali pada kolom pencarian.

Facebook
Twitter
LinkedIn