[ ] Phone : (022) 278 5154 | [ ] Mobile : 082 128 575 785

Standarisasi Pelaku Usaha Pariwisata Hadapi New Normal

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

Standarisasi Pelaku Usaha Pariwisata Hadapi New Normal

Pelaku Usaha Pariwisata – Sudah Hampir 3 bulan perekonomian di sektor pariwisata Indonesia kian anjlok, bahkan banyak pelaku usaha wisata yang gulung tikar akibat dari pandemi Covid-19 ini. Hanya pelaku pelaku usaha yang memiliki inovasi yang mampu bertahan terhadap situasi yang tidak menentu ini.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mencatat kerugian sektor pariwisata akibat penyebaran virus corona mencapai 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 21,8 triliun (kurs Rp 14.500). Besaran tersebut mencakup potensi kehilangan pendapatan sektor selama periode Januari hingga pertengahan Maret.

pelaku usaha pariwisata

Namun sejak dicetuskannya era new normal atau normal baru yang akan di terapkan di Indonesia, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mewacanakan membuat protokol baru bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memastikan protokol normal baru akan menjadi acuan bagi pelaku usaha wisata dan ekonomi kreatif untuk tetap bisa menjalankan usahanya.

Penerapan protokol normal baru diharapkan dapat meningkatkan standar kebersihan, kesehatan, keamanan dan inovasi digital agar sektor ekonomi kreatif dapat bangkit dan bersaing di pasar global.

Menurut Ari Juliano selaku Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Dampak COVID-19 di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan protokol ini para pelaku usaha wisata dan ekonomi kreatif siap menjalankan usahanya.

Khusus sektor pariwisata dimaksudkan agar wisatawan maupun pengunjung dapat berlibur dengan aman dan nyaman karena fasilitas pariwisata ini sudah disempurnakan dengan standar kebersihan yang ketat.

pelaku usaha pariwisata

Nantinya, protokol ini akan menjadi standar dan kultur baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Adapun protokol-protokol yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha pariwisata antara lain mulai dari kedatangan di bandara, pengawasan di pintu masuk utama kawasan, penerimaan tamu, pengawasan aktivitas wisatawan, hingga menyediakan fasilitas kesehatan untuk para wisatawan.

Ari menambahkan, protokol ini akan diterapkan dalam beberapa tahapan. Dimulai dari simulasi, kemudian sosialisasi, diteruskan dengan publikasi kepada publik, hingga yang terakhir adalah uji coba. Pelaksanaannya pun harus diawasi dengan ketat dan disiplin serta mempertimbangkan kesiapan daerah wisata.

“Ke depan, sesuai arahan Presiden, setiap pemerintah daerah tetap harus memperhatikan betul kondisi R0 dan Rt, atau laju penyebaran COVID-19 di daerahnya dalam mempersiapkan pembukaan destinasi pariwisata, sehingga penerapan protokol kesehatan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” pungkas Ari.

 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Testimoni Pelanggan Java Wisata

Bpk Harisman
Bpk HarismanSurabaya
Read More
Alhamdulillah tour berjalan lancar, overall kami puas dengan pelayanannya..Saya akan rekomendasikan ke teman..Insha Allah next time kalo ada rejeki pengen lagi, klo bisa GP Thailand.
Ibu Ayu
Ibu Ayu Bandung
Read More
Pelayanan Java Wisata buat kerjasama pertama kali bisa sy nilai memuaskan, Malah sdh ada yg tanya dari Sumedang, katanya mau ke Bali/Thailand buat bendahara2 puskesmas, nanti sy kasih kontak bpk.
Amelia
Amelia Jakarta
Read More
Kita Puas Banget, Klo boleh dibilang beda banget sama terakhir qt pake agent lain pas ke Singapore bln kmrn. Heheh..mudah2n bs memperpanjang silaturahmi sama Java Wisata ya mas..
Previous
Next

Best Deal Java Wisata 2019

tour thailand murah

Promo Paket Tour Thailand 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Makan, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

tour malaysia murah

Promo Paket Tour Malaysia 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

Promo Paket Tour Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Transport, Tour, Tiket )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

tour promo singapore

Promo Paket Tour Singapore
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Transport, Tour, )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

Close Menu
Call : 0222785154
Chat Whatsapp