Telusuri Fakta Sejarah di Taman Mayura Lombok

taman mayura lombok, tour lombok, wisata lombok

Telusuri Fakta Sejarah di Taman Mayura LombokTaman Mayura Lombok dikenal sebagai taman yang kaya akan sejarah. Karena di taman ini tersimpan banyak sekali bukti fisik peninggalan sejarah pada waktu itu. Taman Mayura dibangun pada saat Lombok masih berada dalam kekuasaan Kerajaan Bali. Dibangun dengan tujuan utamanya sebagai tempat untuk beribadah.

Kendati demikian pura ini bukan hanya digunakan untuk beribadah saja. Tapi juga dijadikan tempat pertemuan dengan tamu ketika masih zaman keraajaan. Tapi sekarang Taman Mayura bukan hanya menjadi tempat beribadah.

Karena sekarang juga telah menjadi tempat yang bersejarah di Lombok. Taman ini sering mendapat kunjungi dari berbagai kalangan wisatawan. Di kawasan wisata ini anda dapat berfoto ria. Sambil menikmati indahnya panorama taman yang damai.

Pada saat Lombok Masih berada di bawah kekuasaan Kerajaan Bali. Seorang raja yang bernaam A. A Made Karangasem membuat Taman Mayura ini. Pada waktu itu namanya masih Tamam Kelepug. Naman kelepug ini didapat dari suara aliran air yang jatuh ke kolam.

Taman Kelepug waktu itu masih berada di tengah hutan belantara. Dan masih banyak ular-ular yang bebas berkeliaran sampai membuat warga resah ketika ingin beribadah. Kemudian diciptakan lah burung merak di sekeliling wilayah taman ini.

>> Baca juga : Bukit Merese Lombok Miliki Keindahan Yang Bikin Jatuh Hati

Inisiatif ini akhrinya berhasil dan karena nya nama taman ini menjadi Taman Mayura yang memiliki makna burung merak.

Taman Mayura memiliki empat pura utama dan masih digunakan sebagai tempat ibadah. Sehingga terkadang ada beberapa pura yang tak dapat dikunjungi sebagian orang. Khsusunya jika sedang perayaan umat Hindu. Selain hari-hari khusus tersebut maka siapa saja boleh mengunjungi pura.

Terdapat hal unik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pura. Karena pera ini merupakan tempat peribadatan umat Hindu. Maka pengunjung juga diharuskan memakai tali atau selendang yang berwarna merah dan dilingkaran pada pinggul.

Hal tersebut bertujuan untuk mejauhkan diri kita dari niatan jahat. Cara pengikatan nya juga tidak sembarangan karena memiliki aturan. Bagi orang yang telah menikah maka simpul nya harus berada di sebelah krii. Sedangkan bagi pasangan harus berada di sebelah kanan. Dan bagi yang masih lajang maka simpul nya harus di letakan di tengah.

Meskipun Taman Mayura serkang masiih menjadi tempat ibadah yang sakral. Namun banyak juga wisatawan yang berkunjung kesini. Untuk mengenal sejarah di balik pembangunan pura-pura tersebut.

Pura-pura ini adalah bukti fisik dari kekuasaan Kerajaan Bali pada masanya. Dan berfungsi sebagai tempat beribadah, namun bukan berarti taman ini tidak dapat digunakan untuk rekreasi. Dan bukan berarti pula pemberian nama Taman Mayura ini tidak dengan alasan.

>> Lihat juga : Paket Tour Lombok 3 Hari 2 Malam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call : 0222785154
Chat Whatsapp