[ ] Phone : (022) 278 5154 | [ ] Mobile : 082 128 575 785

Objek Wisata Goa Gajah Bali, Pura Tertua Di Ubud – Gianyar

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

Objek Wisata Goa Gajah Bali, Pura Tertua Di Ubud – Gianyar

Objek Wisata Goa Gajah Bali, Pura Tertua Di Ubud – Gianyar – Bali sangat dikenal oleh wisatawan asing sebagai tempat dengan keindahan pantainya. Namun ternyata, tak hanya pantainya saja yang terlihat indah. Di sana juga terdapat objek wisata unik, salah satunya yaitu tempat wisata Goa Gajah Bali. Obyek yang satu ini sejatinya merupakan tempat beribadah yang berupa gua buatan.

Negarakertagama menyebut Goa gajah sebagai “Lwa Gajah” pada saat itu dan ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1364 M. Sebagai warisan dunia yang harus dijaga dan dilestarikan, UNESCO telah memasukan wisata Goa Gajah Bali ke dalam daftar tentatif atau menunggu kepastian, dalam bidang kebudayaan pada tanggal 19 oktober 1995.

Lokasi Wilayah Dan Harga Tiket Masuk Ke Wisata Goa Gajah Bali

Goa gajah bali berlokasi di Kecamatan Blahbatu, Desa Bedulu, Kabupaten Gianyar, Bali. Tepatnya berada di tepi jurang dekat sungai kecil yang ada di desa. Jika ingin melakukan perjalanan ke sana cukup menempuh jalan sepanjang 26 km sekitar 1 jam.

Perjalanan akan lebih menyenangkan jika menggunakan kendaraan pribadi menuju ke goa ini. Mudah saja mendapatkan kendaraan sewaan di Bali, baik roda dua maupun mobil. Biasanya harga sewa mobil yang sudah lengkap dengan supir di Bali sekitar Rp1,6 juta per 12 jamnya.

Untuk memasuki kawasan Goa gajah wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp30 ribu per orang. Berlaku pula biaya parkir sebesar Rp5 ribu untuk mobil dan Rp2 ribu untuk motor. Baik harga tiket masuk maupun parkirnya termasuk murah untuk ukuran lokasi wisata di Bali. Wisata goa ini buka setiap hari tanpa hari libur, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WITA.

Keunikan Wisata Goa Gajah Bali

Selain namanya yang unik, obyek wisata Goa Gajah ini juga memiliki berbagai macam keunikan. Berikut beberapa alasan mengapa banyak wisatawan yang menyempatkan mengunjungi lokasi wisata yang satu ini:

1. Akses Masuk Sempit

Tak seperti goa kebanyakan yang memiliki akses pintu masuk yang cukup lebar, pintu masuk di Goa Gajah hanya muat satu orang dewasa saja. Oleh karena itu, para wisatawan hanya bisa masuk ke dalam goa satu per satu. Bagi yang memiliki phobia dengan tempat sempit, sepertinya akan kesulitan untuk masuk ke lokasi ini.

2. 2 Patung Penjaga Pintu Masuk

Sebelum masuk ke dalam goa, wisatawan akan disambut oleh 2 buah patung penjaga pintu. Kedua patung ini pun berukirkan ukiran khas Bali yang sulit untuk ditemui di tempat lain.

3. Bentuk Menyerupai Huruf T

Tak hanya bagian pintu masuknya saja yang sempit, namun di dalam goa pun demikian. Goa ini hanya memiliki tinggi dan lebar masing-masing sekitar 2 meter saja. Selain itu, bentuk di dalam goa menyerupai huruf T.

4. Ceruk Pertapaan

Di ujung lorong sisi kiri dan kanan terdapat ceruk. Dulunya ruang-ruang berupa ceruk tersebut digunakan untuk bertapa. Hanya saja sekarang, para wisatawan sekarang menggunakannya sebagai tempat untuk duduk – bahkan ada yang berbaring.

5. Arca Ganesha dan Lingga

Pada ujung lorong sebelah barat terdapat Arca Ganesha dan di seberangnya (ujung lorong timur) terdapat 2 Lingga. Selain itu, di dalam goa juga tersebar Patung Petirtaan. Patung-patung tersebut terdiri dari 7 buah Patung Widyadara yang tengah memegang air suci. Ketujuh patung ini melambangkan 7 sungai di India yang menjadi tanah suci bagi penganut Hindu dan Budha.

6. Etika Berpakaian

Sebagai tempat yang dianggap sakral oleh para pemeluk Hindu, pastikan untuk mengenakan pakaian sopan dan tertutup jika datang ke lokasi ini. Selain itu, perlu pula untuk mengenakan sarung dan selendang saat masuk ke dalam pura ini. Nantinya, selendang hanya cukup diikatkan di pinggang.

Bagi yang berminat untuk mengunjungi wisata Goa Gajah Bali yang ada di Kabupaten Gianyar, ada baiknya menggunakan paket wisata Bali. Dengan begitu perjalanan pun akan lebih nyaman tanpa perlu dipusingkan dengan beragam detail yang memusingkan.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Testimoni Pelanggan Java Wisata

Bpk Harisman
Bpk HarismanSurabaya
Read More
Alhamdulillah tour berjalan lancar, overall kami puas dengan pelayanannya..Saya akan rekomendasikan ke teman..Insha Allah next time kalo ada rejeki pengen lagi, klo bisa GP Thailand.
Ibu Ayu
Ibu Ayu Bandung
Read More
Pelayanan Java Wisata buat kerjasama pertama kali bisa sy nilai memuaskan, Malah sdh ada yg tanya dari Sumedang, katanya mau ke Bali/Thailand buat bendahara2 puskesmas, nanti sy kasih kontak bpk.
Amelia
Amelia Jakarta
Read More
Kita Puas Banget, Klo boleh dibilang beda banget sama terakhir qt pake agent lain pas ke Singapore bln kmrn. Heheh..mudah2n bs memperpanjang silaturahmi sama Java Wisata ya mas..
Previous
Next

Best Deal Java Wisata 2019

tour thailand murah

Promo Paket Tour Thailand 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Makan, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

tour malaysia murah

Promo Paket Tour Malaysia 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

Promo Paket Tour Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Transport, Tour, Tiket )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

tour promo singapore

Promo Paket Tour Singapore
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Transport, Tour, )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

Close Menu
Call : 0222785154
Chat Whatsapp