[ ] Phone : (022) 278 5154 | [ ] Mobile : 082 128 575 785

Wisata Museum Semarajaya Bali yang Wajib Dikunjungi sebagai Destinasi Bersejarah

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

Wisata Museum Semarajaya Bali yang Wajib Dikunjungi sebagai Destinasi Bersejarah

Museum merupakan salah satu destinasi wisata dengan harga yang cukup terjangkau. Sebagai daerah yang sarat akan seni dan budaya, Bali memiliki banyak museum. Salah satunya adalah wisata Museum Semarajaya Bali yang menyimpan koleksi sejarah yang berhubungan dengan Kerajaan Klungkung.

Museum yang diresmikan sejak 28 April 1992 ini didirikan oleh Dr. Tjokorda Gede Agung. Lokasi ini pun bisa menjadi salah satu alternatif untuk para wisatawan yang menginginkan suasana lain dalam paket wisata Bali. Selain itu, sekaligus dapat belajar mengenai sejarah Kerajangaan Klungkung yang pernah berkuasa di Bali.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Museum Semarajaya Bali

Wisatawan akan menemukan destinasi ini di Jln. Untung Surapati, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kapubaten Klungkung, Bali 80761. Akses menuju tempat ini cukup mudah, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang tersedia di sekitar jalan.

Wisata ini dekat dan satu komplek dengan wisata Taman Gili Kertas Gosa. Wisata Museum Semarajaya Bali bisa menjadi salah satu paket wisata Bali yang wajib dikunjungi sebagai tempat wisata yang menarik dan bersejarah. Untuk tiket masuk ke lokasi yang satu ini, pengunjung dikenai biaya sekitar Rp25 ribu per orangnya.

Beberapa Keunikan di Museum Semarajaya Bali

Wisata Museum Semarajaya Bali mempunyai beberapa keunikan di dalamnya. Untuk para pengunjung yang ingin menikmati destinasi ini, ada beberapa pilihan yang bisa dilihat nilai sejarahnya sebagai berikut:

1. Bangunan Museum yang Indah

Gedung museum ini dulunya ialah sekolah yang didirikan pada zaman Belanda untuk MULO (sekolah menengah pertama). Dibangun sekitar tahun 1920, gedung ini memiliki perpaduan gaya arsitektur Belanda dan Bali. Tak ayal, perpaduan gaya interior yang berbeda pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

2. Lukisan dan Patung Emilio Ambron (1950-1996)

Terdapat 69 buah koleksi karya Emilio Ambron yang memiliki keunikan masing-masing. Koleksi-koleksi tersebut disumbangakan ke museum pada 14 Juni 1996. Lukisan dan patung ini menggambarkan rutinitas masyarakat Bali sebelum masa Jepang. Patung dan lukisan ini cukup membuat pengunjungnya merasa puas melihat detail pahatan-pahatan dan goresan-goresan sang maestro seniman.

3. Benda-benda Zaman Prasejarah

Museum Semarajaya yang berada di Klungkung ini memiliki sejarah tentang peristiwa Perang Puputan di Bali. Perang ini menewaskan banyak tokoh-tokoh penting yang melawan prajurit penjajah Belanda. Di museum ini pun memajang benda-benda peninggalan yang digunakan dalam perang tersebut. Semua peninggalan dipajang dalam kotak kaca, lengkap dengan papan informasi terkait benda yang dipajang.

4. Foto Tokoh-tokoh Penting Silsilah Keluarga Kerjaan Klungkung

Selain karya seni dan benda peninggalan perang, pengunjung juga akan disuguhi potret keluarga Kerajaan Klungkung dari masa ke masa. Termasuk juga silsilah raja-raja terdahulu yang pernah memerintah di Klungkung. Di samping itu, ada pula potret para tokoh-tokoh penting di Kerajaan Klungkung.

5. Barang Antik yang Bernilai Seni Tinggi

Di museum ini, dipajang pula barang dan beda yang dulu sering digunakan oleh masyarakat Bali. Mulai dari barang sehari-hari sampai dengan beda antik yang sudah tak bisa ditemui lagi. Misalnya saja seperti alat tenun cagcag, kursi persidangan kayu yang berlapis emas, peralatan makan dari tempurung kelapa, alat pembuat nira, dan lain sebagainya.

Ada pula barang-barang lain yang sama menariknya. Misalnya saja seperti uang kepeng yang pernah diproduksi di Bali. Produksi uang kepeng ini adalah untuk menghilangkan peredaran uang kepeng asal Cina yang banyak digunakan oleh masyarakat pada waktu itu.

Meski museum identik dengan suasana yang suram dan magis. Tempat wisata ini ke depannya tidak akan pudar oleh pergantian zaman yang semakin modern. Keberadaan wisata museum Semarajaya Bali pun diharapkan menjadi hal penting untuk menunjukan sebuah sejarah pada masyarakat yang mengunjunginya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Testimoni Pelanggan Java Wisata

Bpk Harisman
Bpk HarismanSurabaya
Read More
Alhamdulillah tour berjalan lancar, overall kami puas dengan pelayanannya..Saya akan rekomendasikan ke teman..Insha Allah next time kalo ada rejeki pengen lagi, klo bisa GP Thailand.
Ibu Ayu
Ibu Ayu Bandung
Read More
Pelayanan Java Wisata buat kerjasama pertama kali bisa sy nilai memuaskan, Malah sdh ada yg tanya dari Sumedang, katanya mau ke Bali/Thailand buat bendahara2 puskesmas, nanti sy kasih kontak bpk.
Amelia
Amelia Jakarta
Read More
Kita Puas Banget, Klo boleh dibilang beda banget sama terakhir qt pake agent lain pas ke Singapore bln kmrn. Heheh..mudah2n bs memperpanjang silaturahmi sama Java Wisata ya mas..
Previous
Next

Best Deal Java Wisata 2019

tour thailand murah

Promo Paket Tour Thailand 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Makan, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

tour malaysia murah

Promo Paket Tour Malaysia 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

Promo Paket Tour Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Transport, Tour, Tiket )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

tour promo singapore

Promo Paket Tour Singapore
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Transport, Tour, )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

Close Menu
Call : 0222785154
Chat Whatsapp