[ ] Phone : (022) 278 5154 | [ ] Mobile : 082 128 575 785

Wisata Pura Bukit Sangkan Gunung Bali, Saksi Bisu Kehidupan Masyarakat

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

Wisata Pura Bukit Sangkan Gunung Bali, Saksi Bisu Kehidupan Masyarakat

Wisata Pura Bukit Sangkan Gunung Bali – Mengunjungi bangunan yang dapat dilihat, arsitektur bangunan, disajikan dengan upacara adat di wisata Pura Bukit Sangkan Gunung Bali. Tidak perlu mendengar suara riuh, wisatawan akan dimanjakan oleh panorama indah perbukitan dataran tinggi Bali. Dijamin akan langsung menjernihkan pandangan dan menyegarkan pikiran. 

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pura Bukit Sangkan Gunung

Wisata Pura Bukit Sangkan Gunung Bali Berlokasi di Sidemen, Kabupaten Karang Asem. Kecamatan Sidemen sendiri merupakan daerah perbukitan dengan mata air yang lebih banyak. Oleh karena itu, mata pencaharian masyarakat setempat utamanya adalah di sektor pertanian.

Untuk bisa masuk ke dalam kawasan Pura Bukit Sangkan Gunung, tidak ada tarif biaya masuk yang diberlakukan. Hanya saja, wisatawan diharapkan membayar donasi seikhlasnya saat di depan pintu masuk. Dikarenakan lokasi ini merupakan tempat ibadah, pastikan untuk menjaga kesopanan selama berkunjung di sini. 

Sisi Unik dari Pura Bukit Sangkan Gunung

Setiap tempat wisata pastilah memiliki sisi unik yang membuatnya lain dari yang lain. Tak terkecuali dengan wisata Pura Bukit Sangkan Gunung Bali ini. Berikut adalah informasi lengkap terkait keunikan dari pura ini:

1. Masih Aktif sebagai Tempat Ibadah

Pura ini masih digunakan oleh masyarakat setempat sebagai tempat sembahyang. Selain itu, di sini sering juga digunakan untuk melakukan upacara adat serta pemanjatan doa untuk para leluhur. Tak jarang para pejabat pun turut datang dan hadir dalam upacara pemanjatan doa di pura ini.

Seperti misalnya, Wakil Bupati Karangasem beserta jajaran datang ke pura ini dalam rangka menghadiri upacara ritual Tawur Agung Tabuh Gentuh dan Pujawali Ida Batara Turun Kabeh. Kedua acara tersebut diselenggarakan pada tahun baru Saka 2017 dan 2018 silam, dengan harapan untuk kedamaian alam semesta.

2. Nilai Historis

Seperti kebanyakan pura di Bali, Pura Bukit Sangkan Gunung juga memiliki nilai historis yang cukup unik dan menarik. Pura ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Karangasem. Diperkirakan, pura ini dibangun sekitar tahun 1600-an. Awalnya pura ini dibangun sebagai sebuah puri untuk digunakan sebagai putri tunggal raja pada waktu itu bersama ibundanya.

Masyarakat percaya bahwa kedua keluarga dekat raja tersebut melakukan moksa di sana. Konon, sang istri raja menggunakan dahan kayu kepel sebagai tongkat untuk berjalan. Kabarnya tongkat tersebut kemudian tumbuh menjadi pohon besar yang ada di lingkungan pura. Menurut kepercayaan setempat, pohon tersebut dianggap sebagai pelindung dari marabahaya.

3. Suasana Dataran Tinggi Khas Bali

Saat mendengar kata Bali, maka akan terngiang dalam ingatan mengenai keindahan alam yang berpadu apik dengan budaya dan tradisi yang masih terjaga. Suasana tersebut dapat ditemukan di Pura Bukit Sangkan Gunung ini. Suasana pedesaan di dataran tinggi yang masih asri berlatar bangunan bergaya arsitektur khas Bali.

4. Dekat dengan Lokasi Wisata Lainnya

Terletak di Kecamatan Sidemen, Pura Bukit Sangkan Gunung Bali berdekatan dengan berbagai lokasi  lainnya. Sebut saja seperti Bukit Asmara, Air Terjun Tukad Unda, Jembatan Kuning Yeh Tukad Unda, Bukit Bintang, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, saat berkunjung ke lokasi ini, bisa sekaligus melancong ke lokasi-lokasi lainnya.

Keindahan panorama alam yang ditawarkan wisata Pura Bukit Sangkan Gunung Bali memang tak perlu diragukan lagi. Terlebih sudah semakin jarang ditemui lokasi wisata di Bali yang menyuguhkan panorama kehidupan masyarakat Bali yang masih asli. Tak salah untuk memasukkan lokasi ini sebagai salah satu destinasi dalam paket wisata Bali. 

Objek Wisata Bali, Objek Wisata Bali Wajib Dikunjungi, Tempat Wisata Bali Anti Mainstream, Tempat Wisata Bali Instagramable, Tempat Wisata Bali Wajib Dikunjungi, Wisata Bali, Wisata Bali Alam, Wisata Bali Explore, Wisata Bali Indonesia, Wisata Bali Indoor, Wisata Bali Instagramable, Wisata Bali Recommended, Wisata Bali Rekomen, Wisata Bali Rekomendasi, Wisata Bali Terbaik, Wisata Bali Yang Wajib Dikunjungi, Wisata Di Bali Wajib Dikunjungi, Wisata Recommended Bali, Wisata Wisata Bali

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Testimoni Pelanggan Java Wisata

Bpk Harisman
Bpk HarismanSurabaya
Read More
Alhamdulillah tour berjalan lancar, overall kami puas dengan pelayanannya..Saya akan rekomendasikan ke teman..Insha Allah next time kalo ada rejeki pengen lagi, klo bisa GP Thailand.
Ibu Ayu
Ibu Ayu Bandung
Read More
Pelayanan Java Wisata buat kerjasama pertama kali bisa sy nilai memuaskan, Malah sdh ada yg tanya dari Sumedang, katanya mau ke Bali/Thailand buat bendahara2 puskesmas, nanti sy kasih kontak bpk.
Amelia
Amelia Jakarta
Read More
Kita Puas Banget, Klo boleh dibilang beda banget sama terakhir qt pake agent lain pas ke Singapore bln kmrn. Heheh..mudah2n bs memperpanjang silaturahmi sama Java Wisata ya mas..
Previous
Next

Best Deal Java Wisata 2019

tour thailand murah

Promo Paket Tour Thailand 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Makan, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

tour malaysia murah

Promo Paket Tour Malaysia 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

Promo Paket Tour Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Transport, Tour, Tiket )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

tour promo singapore

Promo Paket Tour Singapore
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Transport, Tour, )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

Close Menu
Call : 0222785154
Chat Whatsapp