[ ] Phone : (022) 278 5154 | [ ] Mobile : 082 128 575 785

Wisata Religi di Dayeuh Luhur, Sumedang

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

Wisata Religi di Dayeuh Luhur, Sumedang

Wisata Religi di Dayeuh Luhur, Sumedang – Jika berbicara mengenai sejarah Indonesia, maka semua itu tidak akan luput dari tokoh – tokoh hebat kerajaan di Nusantara.

Salah satunya adalah Prabu Geusan Ulun dari Kerajaan Sumedang Larang. Kawasan wisata religi yang jika pada setiap mulud atau Maulid Nabi Muhammad dan hari besar islam lainnya penuh oleh peziarah ini tidak luput dari sejarahnya yang panjang. Kawsan wisata religi ini berada di Desa Dayeuh Luhur dan terletak di puncak Gunung Rengganis.

Wisata Religi di Dayeuh Luhur, Sumedang

Sejarah Kerajaan Sumedang Larang

Menurut sejarah Kerajaan Sumedang Larang ini terbentang dari Banten menuju perbatasan Cirebon. Pada saat masa kerajaan terakhir Kerajaan Sumedang Larang ini dipimpin oleh seorang Raja yang tampan, cerdas, bijaksana, serta baik hati.

Ketika itu pusat pemerintahan Kerajaan Sumedang Larang berada di Kutamaya yang kemudian dipindah ke Dayeuh Luhur. Pemindahan pusat pemerintahan ini terjadi salah satunya adalah karena adanya konflik antara Kerajaan Sumedang Larang dan Kerajaan Cirebon.

Wisata Religi di Dayeuh Luhur, Sumedang

Konflik ini berawal ketika Raja Prabu Gesan Ulun singgah di Kerajaan Cirebon untuk bersilaturahmi dengan Raja Girilaya sesuai memperdalam ajaran agama islam di Demak.

Ketika itu Ratu Harisbaya yang tidak lain adalah permaisuri Raja Girilaya jatuh hati kepada Raja Prabu Gesan Ulun. Sang Prabu pun ternyata merasakan hal yang sama, maka dari itu mereka memutuskan untuk pergi tanpa pamit menuju Kerjaaan Sumedang Larang.

Baca juga : Berwisata di Taman Nasional Baluran

Menyadari hal itu Raja Girilaya mengerahkan semua pasukannya untuk menyerang Kerajaan Sumedang Larang di pusat pemerintahannya di Kutamaya.

Tetapi yang dihadapi pasukan Kaerjaan Cirebon hanya patih patih nya saja, sedangkan Raja Prabu Gesan Ulun dan Ratu Harisbaya pergi menuju Dayeuh Luhur yang kini menjadi makam mereka.

Mitos yang ada di wilayah Sumedang Larang

Wisata Religi di Dayeuh Luhur, Sumedang

Wisata Religi di Dayeuh Luhur, Sumedang – Dengan kejadian ini masyarakat Sumedang pun semakin percaya akan kekuatan Kerajaan Sumedang Larang pada saat itu, sehingga makan dan peninggalannya pun masih terjaga hingga kini.

Salah satu hal unik yang menjadi saksi bisu kejadian tersebut adalah sebuah Pohon Hanjuang yang berada di Alun Alun Kota Sumedang.

Kemudian hal unik lainnya adalah tidak diperbolehkannya memakai batik bila berkunjung ke makam Prabu Geusan Ulun. Hal ini dikarenakan adanya mitos bahwa jika kalian memakai baju batik maka akan terjadi sesuatu hal yang kurang baik, dan tidak lain saat itu Cirebon identik dengan Batik.

Di tempat ini pun ada sebuah batu buleud ( batu bundar ) yang bila kalian bisa mengangkatnya maka mitosnya kalian akan mendapat kebahagiaan, serta ada pula pedang terbang.

Lihat juga : Wisata kebun teh di Wayang Windu Panenjoan Pangalengan

Nah demikian info wisata religi dari Java Wisata hari ini. Semoga bermanfaat, dan tunggu update wisata menarik lainnya ya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Testimoni Pelanggan Java Wisata

Bpk Harisman
Bpk HarismanSurabaya
Read More
Alhamdulillah tour berjalan lancar, overall kami puas dengan pelayanannya..Saya akan rekomendasikan ke teman..Insha Allah next time kalo ada rejeki pengen lagi, klo bisa GP Thailand.
Ibu Ayu
Ibu Ayu Bandung
Read More
Pelayanan Java Wisata buat kerjasama pertama kali bisa sy nilai memuaskan, Malah sdh ada yg tanya dari Sumedang, katanya mau ke Bali/Thailand buat bendahara2 puskesmas, nanti sy kasih kontak bpk.
Amelia
Amelia Jakarta
Read More
Kita Puas Banget, Klo boleh dibilang beda banget sama terakhir qt pake agent lain pas ke Singapore bln kmrn. Heheh..mudah2n bs memperpanjang silaturahmi sama Java Wisata ya mas..
Previous
Next

Best Deal Java Wisata 2019

tour thailand murah

Promo Paket Tour Thailand 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Makan, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

tour malaysia murah

Promo Paket Tour Malaysia 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

Promo Paket Tour Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Transport, Tour, Tiket )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

tour promo singapore

Promo Paket Tour Singapore
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Transport, Tour, )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

Close Menu
Call : 0222785154
Chat Whatsapp