[ ] Phone : (022) 278 5154 | [ ] Mobile : 082 128 575 785

Wisata Sangeh Monkey Forest Bali, Saksi Kejayaan Kerajaan Mengwi

JAVAWISATA.COM
Adalah travel agency terpercaya dan sudah berpengalaman menangani ratusan tour / perjalanan wisata keluarga, instansi swasta, BUMD, BUMN untuk perjalanan wisata baik dalam maupun luar negeri

Wisata Sangeh Monkey Forest Bali, Saksi Kejayaan Kerajaan Mengwi

Wisata Sangeh Monkey Forest Bali – Saat mulai pusing dengan rutinitas bekerja setiap hari, Bali menjadi pilihan destinasi wisata favorit. Salah satu lokasi yang cocok untuk dimasukkan dalam paket wisata Bali adalah wisata Sangeh Monkey Forest Bali. Lokasi yang sarat akan mitos dan sisi unik ini masih terus dijaga keasliannya hingga sekarang.

Lokasi dan Harga Tiket Wisata Alam Sangeh Monkey Forest

Seperti namanya, Wisata Sangeh Monkey Forest Bali merupakan kawasan hutan yang didominasi oleh pepohonan pala. Obyek wisata ini mulai dirintis sejak 1969, dan terletak di Jalan Brahmana, Desa Sangeh, Bali. Jika berangkat dari obyek wisata kuta menempuh waktu 66 menit dengan jarak tempuh sekitar 31,3 km.

Harga yang disepakati oleh masyarakat adat sekitar untuk tiket masuk wisata alam sangeh hanya Rp10.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp25.000,- untuk wisatawan asing. Selain itu, ongkos parkirnya pun terbilang cukup murah. Semua hasil pendapatan yang masuk dialokasikan untuk pemeriharaan para kera, dan sebagian digunakan untuk menjaga kebersihan lokasi ini.

Keunikan Taman Wisata Alam Sangeh Monkey Forest

Tak perlu diperdebatkan, Bali memang memiliki keindahan dari segala sudut. Termasuk di daratannya, tak terkecuali di lokasi yang satu ini. Belum lagi si cantik Pulau Dewata ini pun selalu kental dengan mitos kepercayaan yang telah diwariskan secara turun-temurun. Berikut adalah beberapa keunikan dari wisata Sangeh Monkey Forest Bali:

1. Arti Nama

Dari kepercayaan masyarakat setempat, nama Sangeh berasal dari perpaduan dua suku kata sang dan ngehSang berarti orang, sedangkan geh berarti melihat. Secara harfiah sangeh dapat diartikan sebagai orang yang dapat melihat.

Konon kabarnya, pohon-pohon pala bermigrasi dari Bali sisi timur, tepatnya dari Gunung Agung menuju ke arah barat. Kemudian di tengah perjalanan, pepohonan tersebut mendapati bahwa ada orang yang dapat melihat mereka, sehingga memutuskan untuk berhenti. Itulah sebabnya kemudian lokasi ini dinamakan Sangeh.

2. Pohon Lanang Wadon Sangeh

Lanang Wadon Sangeh adalah nama yang diberikan masyarakat adat setempat untuk pohon pala memiliki keunikan menyerupai bentuk kelamin pria dan wanita. Konon pohon pala yang ada di sini dijadikan simbol peradaban manusia yang diabadikan dan disucikan dengan adanya pura yang mengelilinginya.

3. Pura Sangeh Monkey Forest

Wisata Alam Sangeh Monkey Forest memiliki dua pura yang sangat sakral dan disucikan umat Hindu yaitu pura Melanting dan pura Bukit Sari. Berdasarkan sejarah yang berkembang, kedua pura ini adalah bukti kejayaan Kerajaan Mengwi. Keduanya dibangun oleh Anak Agung Anglurah Made Karang Asem Sakti, setelah melakukan tapa rere.

4. Prajurit Monyet Ekor Panjang

Menurut kepercayaan warga setempat, kawanan kera yang ada di hutan ini merupakan wujud jelmaan dari para prajurit putri. Kera-kera yang ada di sini hidup secara berkelompok dengan masing-masing kelompok memiliki pemimpin dan daerah kekuasaan. Total populasi kera yang ada adalah sekitar 600 ekor, dengan kelompok terkuat menguasai daerah tengah yang memiliki sumber makanan terbanyak.

5. Fasilitas Wisata Alam Sangeh Monkey Forest

Fasilitas wisata menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan oleh para pengunjung. Di Sangeh sendiri, telah memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Misalnya saja seperti pusat layanan informasi, pos jaga, pemandi wisata, hingga kios-kios souvenir, serta warung penjaja makanan. Tersedia pula rest area untuk tempat wisatawan melepas lelah.

Melihat keunikan kisah yang tersimpan di wisata Sangeh Monkey Forest Bali, maka sayang rasanya jika lokasi ini terlewat begitu saja. Pastikan untuk menyempatkan waktu untuk datang ke lokasi ini. Tak Satu hal yang perlu diingat, yaitu selalu berhati-hati dan jaga barang bawaan dengan baik. Hal ini dikarenakan, kera tak merasa takut pada manusia dan bisa saja merampas barang bawaan jika lalai.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Testimoni Pelanggan Java Wisata

Bpk Harisman
Bpk HarismanSurabaya
Read More
Alhamdulillah tour berjalan lancar, overall kami puas dengan pelayanannya..Saya akan rekomendasikan ke teman..Insha Allah next time kalo ada rejeki pengen lagi, klo bisa GP Thailand.
Ibu Ayu
Ibu Ayu Bandung
Read More
Pelayanan Java Wisata buat kerjasama pertama kali bisa sy nilai memuaskan, Malah sdh ada yg tanya dari Sumedang, katanya mau ke Bali/Thailand buat bendahara2 puskesmas, nanti sy kasih kontak bpk.
Amelia
Amelia Jakarta
Read More
Kita Puas Banget, Klo boleh dibilang beda banget sama terakhir qt pake agent lain pas ke Singapore bln kmrn. Heheh..mudah2n bs memperpanjang silaturahmi sama Java Wisata ya mas..
Previous
Next

Best Deal Java Wisata 2019

tour thailand murah

Promo Paket Tour Thailand 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Makan, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

tour malaysia murah

Promo Paket Tour Malaysia 
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Tour, Guide )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

Promo Paket Tour Bandung 
Fasilitas Lengkap ( Transport, Tour, Tiket )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

tour promo singapore

Promo Paket Tour Singapore
Fasilitas Lengkap ( Hotel, Transport, Tour, )
Minimal daftar 2 orang dewasa
Bisa Berangkat kapan aja ( Daily Departure )

 

Close Menu
Call : 0222785154
Chat Whatsapp