Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok

Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok

Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok. Taman Nasional Gunung Rinjani ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional melalui Surat Keputusan dari menteri kehutanan No 280/Kpts-II/1997. Luas lahan Taman Nasional Gunung Rinjani ini sekitar 40.000 hektar meskipun pada lapangan luasnya mencapai 41.000 hektar.

Pada tahun 1989 Gubernur Propinsi NTB mengeluarkan surat keputusan nomor 2 yang berisi bahwa kawasan Taman  Nasional Gunung Rinjani sebagai salah satu dari 15 lokasi yang berpotensi daalam pengembagnan wisata alam dan menjadi daerah tujuan wisata di Propinsi NTB.

Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok

Tempat Menarik di Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani  

Gunung Rinjani memiliki ketinggian hingga 3.726 mdpl dan secara geografis berada pada garis 116˚21’30” – 116 ˚34’15’ BT dan 8 ˚18’18” – 8 ˚32’19” LS. Gunung ini memiliki kemiringan lahan yang bervariasi yakni mulai datar, bergelombang sampai berbukit. Gunung-gunung yang ada di sekitar kawasan TNGR ini diantarnya seperti Gunung Sangkareang, Gunung Pelawangan, Gunung Buah Mangge, Gunung Kondo dan Gunung Daya

Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok

Puncak Gunung Rinjani  

Puncak Gunung Rinjani adalah salah satu destinasi yang paling menarik dan jadi spot favorit banyak wisatawan. Kegiatan pendakian gunung ini juga biasa dilakukan dalam grup besar dan ideal dilakukan pada bulan Juli sampai bulan Agustus.

Jika dapat menginjakan kaki di gunung vulkanik dan termasuk gunung aktif kedua tertinggi di Indonesia menjadi satu kebanggan tersendiri bagi para pendaki dan pecinta alam. Petualang yang datang ke Gunung Rinjani ini tidak hanya datang dari Indonesia saja bahkan sebagian besar pendaki juga dari luar negeri dan selalu meningkat setiap tahunnya.

>> Info Wisata : Paket Wisata Lombok dari Jakarta 

Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani

Danau ini adalah salah satu spot paling ekostis yang ada di Taman Nasional Gunung Rinjani. Untuk dapat sampai di danau nan indah ini anda dapat menempuh jalur pendakian Gunung Semari via senari. Membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 10 jam untuk via senari sedangkan membutuhkan waktu 8 sampai 10 jam menggunakan via sembalun.

Di sekitar kawasan Danau Segara Anak ini memiliki lahan yang cukup luas dan datar bahkan dapat anda gunakan untuk camping. Cara menikmati danau ini sangat beragam mulai dari berendam di air panas yang mengandung belerang hinnga memancing ikan.

Dari Danau Segara Anak anda juga akan menemukan objek menarik yakni Hulu Sungai Koko Puteq. Hulu sungai ini berjarak kurang lebih 150 meter dari danau. Tak hanya itu saja Taman Naisonal Gunung Rinjani juga mmeiliki Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung, Goa Susu yang dipercayai dijadikan media untuk bercemin diri serta sering dipergunakan sebagai tempat meditasi.

Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok

Desa Adat Senaru di Gunung Rinjani

Desa Senaru adalah salah satu gerbang pendakian yang menyediakan fasilitas penginapan lengkap dengan restoran. Desan in menyimpan potensi wisata sebagai desa adat berarsitektur tradisional yang kental.

Rumah Adat di Desa Senaru ini dibangun berdasarkan penanggalan atas-bawah. Pada susunan paling atas adalah rumah adat mangku atau melokaq yang menurut kepercayaan bawha wanita yang berhalangan serta pasangan suami istri yang belum sesuai adat kainnya dilarang untuk memasuki rumah adat.

Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok

Air Terjun Sendeng Gile

Desa Senaru juga menyuguhkan air terjun yang indah yaitu Air Terjun Sendeng Gile yang mencapai 25 meter. Suhu udara air terjun dia tingat ini sangat sejuk lengkap dengan hembusan angin yang segar diciptakan oleh air terjun tersebut.

Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok

Air Terjun Jeruk Manis

Air terjun Jeruk Manis berada di bagian selatan kawasan Taman Nasional tepatnya berada di Desa Kembang Kuning. Air terjun ini mmeiliki ketinggian kurang lebihnya 30 meter. Di sekitar lokasi juga terdapat sarana penginapan seperti cottages, home stay, restoran dll. Selain  menawarkan pesona alam yang indah dan mmepesona kita juga dapat melihat tingkah lauh lutung dan burung elang yang lucu.

Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok

Pemandian Air Panas Sebau

Untuk menikmati panorama alam berupa bukit batu anda dapat menuju ke Pemandian Air Panas Sebau . Bukan hanya pesona alam namun anda juga akan menemukan beberapa jenis burung, kera abu-abu, lutung hingga rusa. Air panas disini telah diyakini masyarkat dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

Pemandian Otak Kokok Gading

Pemandangan alam sekitar di Pemandian Otak Kokok Gading ini adalah air terjun yang dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit dengan cara mandi dri air terjun Otak Kokok tersebut. di sekitar kawasan air terjun juga telah dibangun kolam renang dan tempat peristirahatan lain. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di alam terbuka seperti ini dapat mendirikan tenda pada area camping ground.

Jalur Resmi Pendakian Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani

  1. Jalur Senaru

Mataram – Senaru – Danau Segara Anak _ Pelawangan Sembalum, Puncak Rinjani

  1. Jalur Sembalun

Mataram – Sembalun – Sembalun Lawang – Puncak Mt. Rinjani – Sembalun Lawang – Danau Segara Anak

Call : 0222785154
Chat Whatsapp